Sejarah 6 Perubahan Nama PKN STAN Sebelum Politeknik Keuangan Negara STAN Resmi

June 29, 2022

Sejarah 6 Perubahan Nama PKN STAN Sebelum Politeknik Keuangan Negara STAN Resmi! Sebelum menjadi mahasiswa PKN STAN, setidaknya Kamu sedikit saja harus mengetahui sejarah berdirinya kampus tersebut bukan?. Apakah hal tersebut harus diketahui? tentu saja harus, masa iya Kamu ingin masuk kampus impian tapi tidak mengenalnya sedikitpun.

Meskipun nama Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN sudah resmi hingga saat ini. Tapi nama STAN (Sekolah Tinggi Akutansi Negara), jauh lebih dikenal oleh masyarakat sekitar hingga saat ini. Yups meskipun sudah berganti nama, tetap saja yang populer dikalangan orang-orang pada umumnya adalah STAN.

Lantas mengapa orang-orang lebih mengenal STAN dibandingkan PKN STAN sendiri?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita kupas sejarah perubahan nama PKN STAN, dari pertama berdiri hingga saat ini. Informasi lengkapnya akan kami sampaikan di bawah ini, jadi disimak baik-baik ya!.

perubahan nama PKN STAN
perubahan nama PKN STAN

Sejarah Perubahan Nama PKN STAN, Sebelum Nama PKN STAN Resmi

Calon mahasiswa disini pasti sudah mengetahui jika perguruan tinggi yang satu ini, berdiri dibawah naungan kedinasan. Dalam sejarahnya kampus tersebut mengalami perubahan dalam periode yang sangat panjang, berikut penjelasannya:

Perubahan Nama PKN STAN Berawal dari Kursus Djabatan Ajudan Akutan dan Ajun Akutan Pajak

Perubahan nama pertama berawal dari Kursus Djabatan Ajudan Akutan disingkat KDAA. Sekolah kursus tersebut didirikan pada tanggal 31 Juli tahun 1952 diselenggarakan di Bandung, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan No. 167941/UP. Sedangkan untuk Ajun Akutan Pajak atau disingkat AAP diselenggarakan di Jakarta. simak juga tentang PKN STAN

Akademi Pajak dan Pabean

Perubahan nama kedua adalah Akademi Pajak dan Pabean atau disingkat menjadi AP2. Akademi ini didirikan pada tanggal 25 November 1957, hal tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan No. 248621/UP. Akan tetapi sebelumnya, tepat pada tanggal 4 Oktober 1956 berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan No. 213812/UP AP2 semula bernama Akademi Pajak. AP2 ini diselenggarakan di 3 tempat salah satunya di Jalan Purnawarman00 Kembayoran Baru, Jakarta.

Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara atau disebut STIKN

Perubahan nama ketiga, adalah Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara atau disingkat menjadi STIKN. Berdiri sejak tanggal 31 Desember 1959 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan No. 175402/UP/X. Pada saat itu para mahasiswa berkuliah juga di kampus Sumitro Djojohadikusumo, atau kampus Purnawarman.

Institut Ilmu Keuangan perubahan nama PKN STAN

Perubahan nama berikutnya adalah Institut Ilmu Keuangan, atau disingkat dengan sebutan IIK. Pada tahun 1967 IIK berdiri berdasarkan Keppres No. 1968, akan tetapi pada tahun 1975 IIK harus dibubarkan. IIK sendiri merupakan peleburan dari STIKN, ATN dan ADPK, serta telah membentuk perguruan tinggi yang setara dengan perguruan tinggi lainnya.

Sekolah Tinggi Akutansi Negara atau disebut STAN

Perubahan nama selanjutnya adalah STAN, perlu Kamu pahami bahwa STAN ini bukan hasil peleburan dari IIK. Tahun 1974 berdasarkan Keppres No.45 STAN merupakan salah satu pusdiklat dibawah naungan Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan (BPLK). Pada tanggal 17 Maret 1975 diperoleh ijin dalam perihal penyelenggaraan pendidikan akutan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Ijin tersebut berdasarkan Surat Keputusan 13495/MPK/1975.

Politeknik Keuangan Negara atau PKN STAN Sudah Resmi

Pada tanggal 15 Juli munculah Peraturan Menteri Keuangan RI No. 137/PMK.01/2015. Peraturan tersebut ada untuk membahas tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN. Dengan adanya peraturan tersebut nama PKN STAN sudah resmi.

Nah itu saja terkait sejarah enam perubahan nama PKN STAN. Dengan adanya tulisan ini bisa menjadikan Kamu lebih dekat lagi dengan kampus tercinta bukan?.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.