6 Syarat Administrasi Ini Harus Kamu Penuhi untuk Daftar STIN

September 21, 2022

Setiap menjelang tahun akademik baru, banyak kalangan pelajar yang mempersiapkan diri untuk Daftar STIN, merupakan salah satu sekolah kedinasan yang diserbu oleh calon taruna/taruni.

Buat kamu yang tertarik dan ingin lolos seleksi tahap awal, perhatikan persyaratan administrasi yang harus kamu penuhi berikut ini.

Syarat Administrasi Daftar STIN yang Harus Kamu Siapkan

Sebagai salah satu sekolah kedinasan favorit, STIN memberikan beberapa persyaratan administrasi yang harus dipenuhi oleh para calon taruna/taruni. Setidaknya terdapat 6 syarat administrasi, keenam persyaratan tersebut adalah sebagai berikut:

Surat Izin untuk Daftar STIN

Persyaratan administrasi yang pertama dan harus kamu siapkan adalah surat izin dari orang tua atau orang yang selama ini menjadi wali. Surat izin ini merupakan syarat utama untuk bisa lolos seleksi tahap awal dan masuk ke tahap penyeleksian berikutnya.

Surat Keterangan

Syarat yang kedua untuk daftar STIN merupakan hal-hal yang berkaitan dengan surat-surat keterangan yang harus dilampirkan ketika akan melakukan pendaftaran. Berikut surat keterangan yang harus kamu siapkan:

~ Surat keterangan berupa pernyataan telah menyelesaikan jenjang pendidikan yang sebelumnya dan dinyatakan telah lulus.

~ Surat Keterangan Sehat. Surat ini bisa kamu peroleh dari pihak Puskesmas atau RSUD yang berisi pernyataan bahwa kamu memiliki badan yang sehat jasmani dan tidak buta warna.

~ Surat Keterangan dari pihak RSUD setempat yang menyatakan bahwa kamu bebas dari narkoba.

~ Surat Keterangan dari pihak Kelurahan atau Kepala Desa di wilayah tempat kamu berada yang menyatakan bahwa kamu belum pernah menikah.

Pas Foto

Persyaratan administrasi berikutnya yang harus kamu siapkan adalah pas foto berwarna dengan ketentuan sebagai berikut:

~ Peserta putri sebagai calon taruni harus menyediakan pas foto dengan latar belakang yang berwarna biru.

~ Peserta putra selaku calon taruna harus menyiapkan pas foto dengan latar belakang yang berwarna merah.

Ketentuan Foto

~ Siapkan pas foto berukuran 4x6 = 1 buah.

~ Siapkan foto berwarna ukuran postcard untuk seluruh badan. Pakaian yang dikenakan untuk foto postcard tersebut adalah atasan berwarna putih dan bawahan berwarna hitam bahan.

~ Foto postcard tersebut berjumlah 4, satu foto untuk bagian yang tampak depan, satu foto untuk tampak belakang, sedangkan dua foto lainnya adalah foto untuk tampak bagian samping, yaitu sisi bagian kanan dan sisi bagian kiri.

Selain foto para calon taruna/taruni, untuk daftar STIN kamu juga harus menyiapkan foto orang tua atau wali. 

SKCK

Syarat administrasi keempat dari pihak STIN yang harus kamu penuhi untuk tahap penyeleksian awal adalah melampirkan surat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang dikeluarkan oleh kepolisian setempat.

Fungsi dari SKCK ini adalah untuk memastikan dan sebagai bukti bahwa kamu selaku calon taruna/taruni tidak pernah terlibat tindak kejahatan dan tidak memiliki record catatan kriminalitas. Baca juga tes IPDN dalam aspek inovasi peserta materinya juga perlu kamu ketahui dan pelajari.

Fotokopi Ijazah

Untuk syarat administrasi yang kelima adalah melampirkan fotokopi ijazah kelulusan pada jenjang pendidikan SMA/ MA/ SMK dengan nilai perolehan rata-rata 70.

Selain itu, kamu juga harus melampirkan 3 fotokopi raport yang memperlihatkan atau membuktikan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh adalah 70, yaitu:

~ Fotokopi  raport yang menyatakan kamu telah benar-benar lulus SMA/ MA/ SMK.

~ Fotokopi raport semester genap kelas X dan XI.

Fotokopi Akta Lahir

Syarat keenam atau yang terakhir adalah menyiapkan fotokopi Akta Lahir/ Kenal Lahir/Surat Keterangan Kelahiran. Disamping itu, kamu juga harus menyiapkan data pendukung berupa fotokopi kartu BPJS dan fotokopi KK (Kartu Keluarga).

Itulah keenam persyaratan administrasi yang harus kamu penuhi ketika ingin menjadi PNS melalui ikatan dinas di STIN. Pastikan semua persyaratan daftar STIN tersebut telah lengkap sebelum mendaftar melalui laman https://dikdin.bkn.go.id.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.