Ada 4 Cara yang Harus Kamu Lakukan untuk Daftar ke Poltekip dan Poltekim

December 4, 2022

Kementerian Hukum dan Ham atau Kemenkumham menaungi dua sekolah kedinasan dengan jutaan peminat setiap tahunnya. Yakni Politeknik Ilmu Pemasyarakatan atau Poltekip dan Politeknik Imigrasi atau Poltekim. Berikut 4 cara untuk Daftar ke Poltekip dan Poltekim 2022.

4 Cara untuk Daftar ke Poltekip dan Poltekim

Setiap calon peserta didik harus menyelesaikan serangkaian seleksi atau tes yang sangat ketat untuk dapat diterima di Poltekip dan Poltekim. Serangkaian tes tersebut meliputi seleksi administrasi, ujian Seleksi Kompetensi Dasar hingga serangkaian tes lain untuk menentukan lolos atau tidak.

Dan berikut ini adalah 4 cara untuk Poltekip dan Poltekim 2022:

Memperhatikan Formasi Pendaftaran Poltekip dan Poltekim

Terdapat dua formasi yang harus dipilih, yang pertama adalah formasi umum untuk lulusan SMA & sederajat. Formasi ini bisa diikuti oleh seluruh putra dan putri Indonesia, termasuk Papua atau Papua Barat.

Minimal usia yang bisa mengikuti formasi ini adalah 17 tahun dan maksimal 23 tahun.

Formasi kedua adalah formasi khusus untuk pegawai yang ingin melanjutkan pendidikan ke Poltekip dan Poltekim. Formasi ini bisa diikuti oleh semua orang dengan usia maksimal 26 tahun.

Memenuhi Persyaratan Peserta

Calon peserta didik wajib untuk memenuhi persyaratan untuk bisa lolos seleksi di tahap awal. Beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain batas minimal dan maksimal usia. Selain itu, para calon peserta didik juga harus memenuhi kriteria fisik yang diberikan.

Seperti tinggi dan berat badan hingga harus lolos tes kesehatan. Pastinya calon peserta didik harus memiliki tinggi dan berat badan yang idela. Serta tidak memiliki penyakit kronis yang berbahaya.

Syarat penting lain yang harus diperhatikan juga selain  sehat secara jasmani dan rohani adalah, calon peserta didik harus merupakan Warga Negara Indonesia atau WNI. Dan tidak boleh memiliki dua kewarganegaraan.

Memenuhi Syarat Dokumen Poltekip dan Poltekim

Untuk persyaratan dokumen dan administrasi yang harus dipenuhi oleh calon peserta didik adalah harus menyiapkan dokumen sesuai dengan formasi yang diinginkan. Dan pastikan untuk menyiapkan dokumen asli, sah dan tidak bukan dokumen palsu. Baca juga Apa Perbedaan SBMPTN 2022 dan SBMPTN 2023 yang perlu di ketahui.

Artinya agar lolos seleksi ini, tidak boleh melanggar peraturan dan berbuat curang. Dan bagi para calon peserta didik yang diketahui berbuat curang, maka akan mendapatkan sanksi diskualifikasi. Atau dikeluarkan sehingga tidak bisa melanjutkan seleksi.

Lolos Tes SKD Politekip dan Politekim dengan Nilai Maksimal

Setelah melakukan pendaftaran dengan menggunakan formasi yang sudah ditentukan untuk menjadi calon peserta didik di Poltekip dan Poltekim. Maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan mengikuti serangkaian tes seleksi yang dilakukan dengan sangat ketat.

Untuk menyaring para calon peserta didik dan mendapatkan yang terbaik. Ada beberapa tahapan tes yang harus dilakukan agar berhasil menjadi peserta didik di Poltekip dan Poltekim. Setelah dinyatakan telah lulus berkas, maka perjuangan dilanjutkan dengan mengikuti beberapa tes.

Dan di setiap tes yang diadakan wajib untuk mendapatkan poin tinggi dan maksimal sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan.

Jika salah satu tes saja tidak diselesaikan dengan baik atau tidak sesuai dengan kriteria. Maka sudah pasti akan sulit untuk lolos sebagai peserta didik di Poltekip dan Poltekim.

Untuk bisa lolos seleksi maka wajib mengikuti semua arahan yang ada dan mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan. Dan pastinya perhatikan 4 cara untuk daftar Poltekip dan Poltekim 2022 agar impian untuk masuk perguruan tinggi negeri bisa tercapai.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.