Unit Kegiatan Mahasiswa di PKN STAN Banjarmasin

Screenshot_30

Unit Kegiatan Mahasiswa di PKN STAN Banjarmasin

PKN STAN Banjarmasin di samping memiliki sejumlah kegiatan akademis juga menyediakan beberapa macam unit kegiatan mahasiswa atau UKM sebagai ajang untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri mahasiswa serta mengasah kemampuan mahassiwa dalam bidang organisasi yang kelak akan menjadi bekal tersendiri saat mereka mulai memasuki dunia kerja. Selain itu, sejumlah organisasi ini juga memiliki fungsi lain sebagai ajang penambah ilmu serta memperluas wawasan mahasiswa, di samping menambah teman dan pengalaman baru. Ada sejumlah UKM yang terdapat di dalam PKN STAN mulai dari UKM kemahasiswaan, kerohanian hingga pecinta alam. Mahasiswa bisa memilih mana saja yang mereka inginkan.

UKM Kemahasiswaan di PKN STAN Banjarmasin

Yang pertama dan umumnya memang terdapat di setiap kampus adalah Badan Eksekutif Mahasiswa atau biasa disingkat BEM. Organisasi ini berperan sebagai pelaksana amanat dari KM STAN. BEM juga dapat menjadi wadah bagi para mahasiswa STAN untuk menyalurkan suara mereka terkait kebijakan kampus dan lain-lain. Misi utama BEM STAN adalah untuk menerapkan suatu sistem kerja secara profesional dengan landasan semangat kekeluargaan. BEM juga memiliki misi lain di mana mereka ingin melakukan suatu regenerasi serta penerusan idealisme dengan cara mentransfer sejumlah nilai dalam Tridharma Pendidikan Tinggi. Mahasiswa juga bisa menyalurkan aspirasinya melalui BEM ini.

UKM Kerohanian di PKN STAN Banjarmasin

Beberapa organisasi dibentuk khusus sebagai wadah kerohanian mahasiswa. UKM Kerohanian ini akan dibedakan berdasarkan agama. Ada lembaga masjid dengan nama MBM di mana kegiatan utamanya adalah dengan melaksanakan kajian tiap minggu serta tiap bulan, salat Jumat, kegiatan mentoring, infaq, zakat, shodaqoh dan lain-lain. Ada pula UKM PMK khusus bagi pemeluk agama Kristen. Kegiatannya meliputi persekutuan doa, kebaktian, aksi sosial hingga perayaan hari raya Paskah serta Natal secara bersama-sama. Kemudian ada pula KMK pagi pemeluk agama Katolik. Kegiatannya antara lain misa kampus dan malam keakraban serta doa rosario. Terakhir ada KMHB bagi pemeluk agama Hindu serta Buddha. Demikian beragam UKM di dalam PKN STAN Banjarmasin.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *