Trik Jitu Cara Masuk di STAN

Trik Jitu Cara Masuk di STAN

Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN) di bawah naungan Kementrian Keuangan merupakan sekolah kedinasan, dimana setiap lulusannya akan mendapatkan tunjangan dan bahkan langsung mengisi CPNS di kementrian keuangan. Inilah yang menyebabkan banyak lulusan SMA dan sederajat mengincar tempat di sekolah tinggi ini. Untuk dapat diterima di sekolah ini, setiap siswa harus bisa lolos semua tahap ujian yang menggunakan sistem gugur antara lain seleksi tertulis, tes fisik dan kesehatan, dan tes wawancara. Mengingat banyaknya peserta yang mendaftar di sekolah ini diperlukan lebih dari sekedar belajar dan berdoa. Oleh karena itu, akan kami ulas beberapa cara masuk di STAN yang mampu meningkatkan peluang anda masuk di sekolah idaman ini.

Cara masuk di STAN tidaklah sulit, melainkan perlu trik-trik dalam belajar agar mampu mengatasi tahap ujian tertulis yang meliputi tes potensi akademik (TPA) dan tes Bahasa Inggris. Cara yang dapat ditempuh adalah dengan membeli buku kumpulan soal USM STAN dan mempelajarinya dengan baik tanpa perlu menghafalnya. Lebih baik menemukan ritme atau tipe soal-soal USM STAN setiap tahunnya, terkadang soal yang diberikan berbeda namun memiliki tipe yang sama sehingga hanya perlu mengerti hal-hal apa yang harus dilakukan apabila menemui tipe soal seperti itu. Kemudian baca kembali kumpulan soal-soal USM STAN tersebut minimal 3 kali sehari agar kita menjadi terbiasa dan mampu menjawab soal-soal tersebut dengan benar sebagaimana mestinya. Selain belajar secara mandiri, anda dapat mengikuti Bimbingan Belajar atau bimbel yang secara khusus memberikan materi dasar soal-soal yang diujikan beserta pembahasannya. Selain itu, proses pembelajaran multimedia yang diterapkan oleh bimbel melalui sistem audio visualnya akan mempermudah dalam memahami materi maupun soal-soal yang diujikan.

Tahap ujian yang harus diselesaikan selanjutnya adalah tes fisik dan kesehatan. Tes ini dapat diatasi dengan menjaga kesehatan dengan baik dan menghindari pola hidup yang kurang baik seperti merokok, minum-minuman keras, dan narkoba serta sebisa mungkin jangan dibiasakan begadang. Biasakan pola hidup sehat ini jauh-jauh hari sebelum USM STAN sehingga nantinya akan memperbesar peluang lulus tahap seleksi bagian ini. Selanjutnya adalah tahap ujian terakhir yakni tes wawancara. Tes ini dapat anda hadapi dengan cara berperilaku sopan dan santun. Biasakan diri untuk menjaga pikiran, perkataan, dan perbuatan karena dalam ujian ini yang kita hadapi adalah seorang psikolog. Usahakan bahwa apa yang anda jawab mengenai wawancara tadi merupakan jawaban yang jujur. Demikian ulasan mengenai beberapa cara masuk di STAN, besar harapan cara-cara yang diberikan ini memperbesar peluang anda untuk lulus dan meraih impian melanjutkan studi di STAN.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *