Tips dan Trik Menghadapi Tes di STAN

Tips dan Trik Menghadapi Tes di STAN

Semakin meningkatnya biaya kuliah merupakan faktor yang patut dipertimbangkan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya setelah lulus dari SMA/SMK sederajat. Salah satu solusi guna mengatasi permasalahan ini adalah dengan memilih alternatif untuk melanjutkan di Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). Salah satu PTK yang sangat diidam-idamkan adalah Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) di bawah pengawasan langsung Kementrian Keuangan RI. Keunggulan yang dimiliki seperti tanpa beban biaya kuliah, jaminan penempatan kerja setelah lulus, sarana dan prasarana memadahi, beban kuliah yang ringan, mendapatkan uang saku, dan lain sebagainya merupakan faktor pemikat siswa-siswi yang baru saja lulus. Hal tersebutlah yang menyebabkan jumlah pendaftar setiap tahunnya semakin bertambah dan berakibat pada semakin kecilnya peluang untuk dapat masuk ke sekolah ini. Namun jangan berkecil hati terlebih dahulu, kami akan berikan tips dan trik dalam menghadapi tes di STAN.

Proses yang harus ditempuh untuk masuk ke STAN adalah harus mengikuti Ujian Saringan Masuk (USM) yang terdiri dari tiga tahapan yakni ujian seleksi tertulis, tes fisik dan kesehatan, dan tes wawancara. Tips dan trik menghadapi tes di STAN yang pertama adalah dengan belajar secara efisien dan efektif. Efisien baik secara waktu dan tempat dapat dilakukan dengan menentukan waktu-waktu yang tepat digunakan untuk belajar seperti subuh menjelang pagi maupun ketika malam tanpa mengganggu waktu untuk aktivitas lainnya dan menentukan tempat belajar senyaman mungkin agar materi pembelajaran dapat terserap secara sempurna. Sedangkan belajar secara efektif dapat dilakukan dengan menemukan ritme dari setiap pemecahan soal-soal yang diujikan tanpa harus menghafal setiap materi yang dipelajari karena menghafal sedemikian banyak soal akan menghabiskan banyak waktu.

Tahap ujian yang harus diselesaikan selanjutnya adalah tes fisik dan kesehatan. Tes ini dapat diantisipasi melalui pembiasaan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, merokok dan narkoba serta hindari kebiasaan tidur terlalu larut. Pola hidup sehat dapat dilakukan jauh-jauh hari sebelum USM STAN agar kondisi tubuh tetap prima dan siap menghadapi tes. Selanjutnya adalah tahap ujian terakhir yakni tes wawancara. Tes ini dapat anda hadapi dengan cara berperilaku sopan dan santun. Biasakan diri untuk menjaga pikiran, perkataan, dan perbuatan karena dalam ujian ini yang kita hadapi adalah seorang psikolog. Usahakan bahwa apa yang anda jawab mengenai wawancara tadi merupakan jawaban yang jujur. Demikian ulasan mengenai beberapa tips dan trik menghadapi tes di STAN, besar harapan cara-cara yang diberikan ini memperbesar peluang anda untuk lulus dan meraih impian melanjutkan studi di STAN.





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *