Tips dan Trik Cara Masuk STAN dengan Mudah

Tips dan Trik Cara Masuk STAN dengan Mudah

Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) merupakan alternatif sebagian masyarakat selain masuk PTN atau PNS yang notabene biaya kuliahnya semakin mahal. PTK merupakan perguruan tinggi milik pemerintah maupun swasta dengan sistem pendidikan kedinasan tanpa dipungut biaya alias gratis. Bahkan setelah lulus pendidikan langsung mendapatkan penempatan kerja. Salah satu PTK yang banyak diincar oleh anak SMA maupun SMK dan MA yang ingin melanjutkan studinya adalah Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau STAN. Terlebih Stan merupakan perguruan tinggi yang dibina oleh Kementrian Keuangan dan hingga saat ini sudah banyak menghasilkan lulusan berbakat yang telah di tempatkan di beberapa institusi keuangan seperti bea cukai maupun pajak. Mengingat banyaknya peminat yang ingin masuk ke dalam PTK ini, maka dibutuhkan lebih dari sekedar belajar dan bekerja keras. Oleh karena itu, berikut kami sajikan beberapa cara masuk STAN dengan mudah.

Proses yang harus ditempuh untuk masuk ke STAN adalah harus mengikuti Ujian Saringan Masuk (USM) yang terdiri dari tiga tahapan yakni ujian seleksi tertulis, tes fisik dan kesehatan, dan tes wawancara. Cara masuk STAN dengan mudah yang pertama adalah dengan belajar dengan serius dengan cara belajar yang efisien serta efektif. Efisien secara waktu dan tempat serta efektif dalam hasil dan pemahaman dari proses belajar. Cara ini dapat ditempuh dengan mengikuti Bimbingan Belajar atau bimbel yang secara khusus memberikan materi dasar soal-soal yang diujikan beserta pembahasannya. Selain itu, proses pembelajaran multimedia yang diterapkan oleh bimbel melalui sistem audio visualnya akan mempermudah dalam memahami materi maupun soal-soal yang diujikan.

Cara masuk STAN dengan mudah selanjutnya adalah dengan olahraga teratur dan makan makanan yang bergizi untuk menghadapi tes fisik dan kesehatan. Olah raga dan makanan yang sehat akan menunjang fisik dan kesehatan yang prima. Karena kualitas intelektual saja bukan jaminan sebagai calon mahasiswa yang baik. Selain itu, diperlukan latihan berperilaku menjadi orang bijak dan cerdas dalam menghadapi masalah. Biasakan berperilaku sopan baik lisan maupun perbuatan. Gunakan nada bersuara yang sepantasnya dalam berkomunikasi dengan sesama. Latihan ini sangat berguna dalam menghadapi tes wawancara tahap terakhir USM STAN. Demikian beberapa cara yang dapat dipersiapkan apabila anda tertarik masuk ke STAN.