TIPS AND TRICKS JITU LOLOS PKN STAN 2020

TIPS AND TRICKS LOLOS PKN STAN 2020 – PKN STAN, sebuah kampus ikatan dinas yang tidak asing lagi di telinga masyarakat. Pasalnya, PKN STAN merupakan salah satu kampus yang selalu mencetak bibit-bibit unggul yang nantinya akan menempati berbagai instansi pemerintahan di pusat maupun di daerah, baik di bawah naungan Kementerian Keuangan ataupun Non-Kementerian Keuangan di Indonesia.

Tak heran jika setiap tahunnya jumlah pendaftar PKN STAN selalu melonjak naik diiringi kuota penerimaan yang tidak banyak. Hal ini tentu menjadikan persaingan PKN STAN sangat ketat. Apalagi ada beberapa tahapan yang harus dilewati peserta agar benar-benar lolos PKN STAN.

Maka dari itu, dibutuhkan tips and tricks agar lolos PKN STAN 2020 karena lolos PKN STAN tidak hanya bermodal pandai saja. Lalu apa saja ya tips and tricks-nya?

  • Belajar

Hal yang harus dilakukan adalah belajar, mengingat tahap pertama SPMB PKN STAN adalah ujian tertulis, dimana kamu harus menguasai berbagai materi yang diujikan. Materi yang diujikan antara lain adalah SKD yang terdiri dari TWK, TIU, TKP. Kemudian ada TPA dan TBI. Pastikan kamu memahami pola materi yang diajarkan sehingga kamu fokus pada materi-materi tersebut tidak meluas ke materi lainnya.

  • Kumpulkan semua materi dari berbagai sumber

Kamu bisa mengumpulkan materi SPMB PKN STAN melalui buku ajar saat kamu sekolah, internet, ataupun dari buku-buku yang di jual di toko buku. Tandai materi-materi yang penting dengan ballpoint berwarna atau spidol agar kamu tidak lupa.

  • Latihan mengerjakan soal, ini penting!

Setelah kamu mempelajari materi dari berbagai sumber, kini saatnya kamu berlatih mengerjakan soal. Mulailah mengerjakan soal-soal yang mudah hingga sulit sebanyak-banyaknya, karena ini akan melatih kemampuan kamu. Lakukan secara rutin agar kamu tidak lupa.

  • Perhatikan manajemen waktu

Ada durasi yang ditentukan ketika mengerjakan soal-soal SPMB PKN STAN. Maka dari itu, kamu harus me-manage waktumu sebaik mungkin, tidak hanya kuantitas seberapa banyak soal yang kamu kerjakan, tetapi kualitas bahwa jawaban yang kamu berikan adalah benar. Jangan buang-buang waktumu untuk mengerjakan soal yang tidak kamu kuasai.

  • Simulasi ujian SPMB PKN STAN

Saatnya simulasi ujian SPMB PKN STAN, siapkan soal-soalnya dan kerjakan sesuai durasi yang ditentukan. Setelah selesai, hitung jawaban yang benar dan lihat apakah skor kamu ada di atas nilai ambang batas atau sebaliknya. Dengan begitu, kamu akan mengetahui letak kekuranganmu dimana. Lakukan simulasi ini secara rutin.

  • Kesehatan juga harus dijaga dan dilatih

Tidak hanya materi yang harus kamu kuasai, tapi kondisi kesehatanmu juga harus diperhatikan. Apalagi kondisi kesehatan dan kebugaran juga akan diujikan. Mulailah mencari informasi apa saja yang akan diujikan pada tahap ujian kesehatan dan kebugaran. Jangan lupa berlatih dan tetap jaga kondisi kesehatanmu dengan makan makanan bergizi dan olahraga teratur.

  • H-1 ujian SPMB PKN STAN, santai saja!

Jangan panik saat ujian SPMB PKN STAN akan dilaksanakan. Justru kamu harus santai dan istirahat dengan cukup sebelum memulai “perang” di esok hari. Tenangkan hati dan pikiran, serta jangan lupa siapkan berkas-berkas yang akan dibawa ke lokasi ujian.

  • Kekuatan doa

Belajar dan berlatih tidak akan menjadi formulasi yang sempurna tanpa doa. Maka dari itu, jangan lupa berdoa kepada Tuhan YME. Selain itu, doa restu dari orang tua dan keluargamu juga diperlukan, lho!

Bagaimana, mudah bukan tips and tricks-nya? Punya tips and tricks versi dirimu sendiri? Apapun yang kamu lakukan, semoga itulah jalan menuju kesukesan. Amin!





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *