Tes STAN Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik

Tes STAN Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik

Seperti tahun-tahun yang sebelumnya, tahun ini STAN kembali membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa yang berminat untuk menjadi mahasiswa di sekolah tinggi akuntansi Negara ini, biasanya STAN membuka jalur seleksi melalui jalur ujian tertulis saja, termasuk tes STAN Bahasa Inggris, dan jenis mata pelajaran lainnya. Namun sekarang ternyata STAN tidak hanya menerapkan jalur penerimaan melalui tes tertulis saja. Melainkan juga melalui beberapa tahapan tes yang harus ditempuh. Hal ini dikarenakan STAN ingin benar-benar menjaring calon mahasiswa yang berkualitas untuk bisa memperoleh sejumlah kursi yang disediakan oleh STAN. Kuota penerimaan mahasiswa STAN setiap tahunnya memang tidak banyak. Namun jumlah pendaftar dan peminatnya semakin meningkat saja dari tahun ke tahun. Hal inilah yang mmebuat STAN kemudian menentukan criteria yang tinggi untuk calon pendaftar yang berminat.

Namun STAN juga tetap mengadakan USM ujian tertulis yang terdiri dari beberapa mata pelajaran yang diujikan, antara lain seperti tes STAN Bahasa Inggris, dan juga Tes Potensi Akademik. Pembagian jumlah soalnya adalah 60 soal bahasa inggris, dan 120 soal tes potensi akademik. sehingga jumlah keseluruhan soalnya adalah 180 butir soal. Masing-masing butir soal mempunyai poin penilaian yang akan direkapitulasi menjadi nilai tes tertulis akhir. Namun yang perlu diingat adalah, sebelum melakukan tes tertulis ini, terlebih dahulu calon pendaftar mengikuti tes administrasi. Tes administrasi ini terdiri dari pemenuhan persyaratan yang telah ditentukan.

Ada sejumlah persyaratan umum yang harus diperhatikan untuk bisa lolos tes administrasi ini. Tiap-tiap poin yang tercantum harus bisa dipenuhi dan semuanya akan dicek apakah sudah terpenuhi atau belum. Sehingga peserta harus menyiapkannya dnegan teliti. Baru setelah tes administrasi bisa ditempuh dengan lancar, peserta akan menempuh ujian tertulis atau USM yang terdiri dari tes STAN Bahasa Inggris tadi dan juga Tes Potensi Akademik. Untuk bisa melampaui tes ini, memang dinilai cukup sulit. Karena soal yang diujikan tergolong memiliki tingkat kesulitas yang cukup tinggi, ditambah dengan ketersediaan waktu yang terbatas dan juga poin yang diberikan merupakan poin mati.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *