Tes SKD ( Seleksi Kompetensi Dasar) PKN STAN Perlu Dikenal dari Sekarang

March 9, 2022

Tes SKD ( Seleksi Kompetensi Dasar) PKN STAN Perlu Dikenal dari Sekarang. Siapa sih lulusan SMA atau SMK yang tidak mau masuk PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara STAN yang menjadi impian semua siswa. Dengan menjadi salah satu mahasiswa di PKN STAN tentu adalah suatu kebanggaan tersendiri karena tidak semua calon bisa lulus seleksinya. Bisa dikatakan untuk masuk PKN STAN tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Memang karena seleksi yang sangat ketat dan juga banyaknya persaingan atau calon lain dari berbagai tempat.

PKN STAN sendiri mempunyai pandangan yang baik di masyarakat Indonesia. Bahkan ada yang beranggapan kalau masuk di sana masa depan akan terjamin atau mudah mencari/mendapatkan pekerjaan. Jadi, jangan heran bila banyak calon yang berlomba-lomba mendaftarkan dirinya di PKN STAN. Maka dari itulah, sebaiknya Anda menyiapkan beberapa hal mulai saat ini agar kesiapannya maksimal dan berpeluang besar akan lulus. Untuk menjadi mahasiswanya Anda harus melakukan berbagai tes terlebih dahulu, salah satunya SKD yang terdiri dari 3 bagian.

Tes SKD ( Seleksi Kompetensi Dasar PKN STAN
Tes SKD ( Seleksi Kompetensi Dasar PKN STAN

Berikut Tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) PKN STAN

Materi TIU ( Tes Intelegensi Umum) Bagian dari Tes SKD ( Seleksi Kompetensi Dasar) PKN STAN

Bagian dari tes SKD adalah tes TIU yang berisikan materi tentang kemampuan verbal, numerak, dan figurasi. Yang dimaksud dengan kemampuan verbal adalah Anda harus menyiapkan materi tentang analogi yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan Anda dalam perbandingan dari 2 konsep kata yang memiliki hubungan. Dan mengharuskan Anda untuk menggunakan konsep yang sama pada kondisi atau situasi lainnya. Kemampuan silogisme tujuannya adalah mengharuskan Anda untuk memahami atau membuat kesimpulan dari 2 pernyataan yang diberikan. Sedangkan kemampuan analitis adalah memberikan kesimpulan terhadap informasi yang ada. simak juga Soal SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) PKN STAN

Kemampuan numerik adalah mengetes batas kemampuan Anda yang berhubungan dengan angka. Yang terdiri dari, berhitung sederhana, deret angka atau pola hubungan angka, dan soal cerita. Selain itu, Anda juga akan diberikan tes kemampuan figurasi dan menjadikan konsep yang digunakan pada situasi tersebut digunakan pada situasi lainnya. Ketidaksamaan dari 3 gambar dan melihat perbedaannya serta serial yang harus pola bentuk gambar dan melihat apakah memiliki hubungan atau tidak.

Materi TKP ( Tes Karakteristik Pribadi)

Yang merupakan bagian dari tes SKD selanjutnya adalah Tes TKP (Tes Kepribadian) bertujuan untuk menilai kepribadian dari calon tersebut. Tes ini akan menilai tentang sikap atau respon dari calon terhadap kasus yang diberikan. Sehingga dengan apa yang dijawab calon pihak PKN STAN akan mengetahui kepribadiannya. Seperti pelayanan teknologi informasi dan komunikasi, publik, jejaring kerja, sosial budaya, dan profesionalisme.

Materi TWK ( Tes Wawasan Kebangsaan)

Terakhir yang juga bagian dari tes skd adalah TWK (Tes Wawasan Kebangsaan). Tujuan tes dengan materi ini adalah mengetahui kemampuan calon tentang pengetahuannya mengenai Pancasila, UUD 1945, nasionalisme, integritas, bela negara, dan berbahasa Indonesia. Itu semua adalah materi TWK yang mungkin tidak akan mengalami kesulitan bila mempelajarinya. Karena sejak di duduk di bangku sekolah telah mempelajarinya, yaitu pelajaran PPKN.

Itulah bagian dari Tes SKD yang perlu dipersiapkan. Dengan menyiapkannya dari jauh hari akan memudahkan Anda masuk PKN STAN yang diinginkannya. Asalkan dengan giat dan sungguh-sungguh belajar akan dipermudahkan ya.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.