Tes Seleksi Kompetensi Dasar

Apa Itu Tes Seleksi Kompetensi Dasar PKN STAN?

Apa Itu Tes Seleksi Kompetensi Dasar PKN STAN?. Apakah kamu sudah siap untuk mengikuti tes PKN STAN? Mumpung masih ada waktu, ada baiknya menggunakan waktu senggang dengan mempelajari serta mengenali tes masuk PKN STAN. Materi tulis SPMB PKN STAN itu dibagi menjadi beberapa kelompok.

Kelompok pertama adalah seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan diberikan 100 soal yang dikerjakan dengan waktu 1,5 jam. Ada juga Tes Potensi Akademik (TPA) dengan 45 soal serta Tes Bahasa Inggris dengan 30 soal (setiap tahun bisa berubah-ubah). Berbeda dengan tahun sebelumnya, ada beberapa perubahan signifikan di tahun ini, berikut perbedaannya

  1. Uji tahap pertama yang meliputi TPA dan TBI dan SKD dilakukan sekali saja. jadi ujian tertulis yang telah terjadwalkan langsung mengujikan beberapa tes
  2. Aturan nilai mati 1/3 jumlah soal benar diganti menjjadi ambang batas nilai
  3. Ujian tes dilakukan secara CAT atau menggunakan komputer
  4. Tes kebugaran dan kesehatan yang dulu untuk semua jurusan kini hanya untuk jurusan bea cukai saja

Jadi bagi yang mengambil non bea cukai hanya perlu melakukan tes TPA, SKD dan juga TBI. Mungkin Anda sering bertanya kenapa Tes Seleksi Kompetensi Dasar di PKN STAN itu yang paling banyak soalnya?  Nah, untuk menjawabnya Anda bisa cek sub judul berikut.

Tes Seleksi Kompetensi Dasar
Tes Seleksi Kompetensi Dasar

Yang Di tes Seleksi Kompetensi Dasar PKN STAN

SKD di PKN STAN dibagi menjadi beberapa jenis. Tidak heran jika jumlah soalnya sampai 100 soal. Berikut jenis-jenis soal yang diteskan

Tes Intelegensi Umum (TIU)

Di Tes Seleksi ini, para peserta dihadapkan dengan 30 soal yang penilaiannya jika benar skornya +5, kosong atau salah 0 dengan ambang batas nilai 80 dan maksimal 150. Untuk bahan materinya juga beragam, ada yang matematika dan bahasa Indonesia.

Perbanyak mempelajari materi sinonim, kosa kata, perbanyak membaca dan juga analogi kata.Untuk materi matematik, Anda harus banyak belajar seputar aritmatika, pola barisan dan juga logika. Perhatikan juga tentang spesialisasi kebendaharaan negara.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Di tes ini Anda akan dihadapkan dengan 35 soal. Penilaian di tes ini berdasarkan skala tertentu. Tidak ada jawaban yang benar dan salah di soal Tes Seleksi Kompetensi Dasar ini. Jawabannya tinggal yang paling baik dan tidak baik saja.

Di tes ini Anda memiliki ambang batas nilai 143 dan nilai maksimal 175. Materi ini memiliki tujuan karakteristik para peserta yang mencangkup;

  • Semangat berprestasi
  • Integritas diri
  • Orientasi kepada pelayanan
  • Kemampuan untuk beradaptasi
  • untuk mengendalikan diri di lingkungan
  • Kemampuan untuk bekerja mandiri dan tuntas
  • dan kemauan untuk belajar yang berkelanjutan
  • Kemampuan untuk bisa bekerja sama di dalam kelompok
  • untuk mengkoordinir atau menggerakkan orang lain
  • Orientasi orang lain dan inovasi serta kreativitas

Tes  seleksi kompetensi dasar dengan Wawasan Kebangsaan

Materi Tes Seleksi Kompetensi Dasar PKN STAN terakhir yang diujikan adalah Tes Wawasan Kebangsaan. Dari tes ini diharapkan bisa mengimplementasikan nilai 4 kebangsaan seperti Pancasila, UUD 1945. Bhineka Tunggal Ika dan juga NKRI. Untuk materinya juga soal kebangsaan.

Misalnya seperti identitas negara, kebangsaan Indonesia, tokoh pahlawan, pemimpin Indonesia hingga sejarah. Jumlah soal ini adalah 35 soal. Penilaiannya adlah 5 jika benar serta O jika salah atau kosong. Ambang batas nilai di bidang ini adalah 75 dan nilai maksimalnya adalah 150.





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *