Jenis Tes PKN STAN yang Perlu Dilalui

May 14, 2022

Jenis tes PKN STAN yang perlu dilalui. Ada tiga tes jika Anda ingin masuk ke PKN STAN. Tahap pertama adalah tes potensi akademik dan tes bahasa Inggris. Tahap kedua ada tes kesehatan dan kebugaran. Tes terakhir ada tes kemampuan dasar.

Dari tes PKN STAN pertama ada tes potensi akademik dan tes bahasa Inggris. Mungkin sebagian dari Anda ada yang belum tahu tes potensi akademik itu berisi apa saja. Jadi, tes potensi akademik berisikan soal kemampuan verbal seperti sinonim, antonim, kosakata, analogi dan sebuah bacaan. Anda harus menyelesaikan tes potensi akademik yang berjumlah 45 soal dalam waktu 40 menit.

Dalam tes potensi akademik juga terdapat tes matematika. Anda akan diuji tentang kemampuan aritmatika. Anda diuji tentang penalaran. Dimana Anda akan menebak suatu pola baris, pola gambar, analitik dan penarikan kesimpulan atau silogisme. Maka Anda harus membuka kembali pelajaran matematika yang telah ditempuh.

tes PKN STAN
tes PKN STAN

Tes PKN STAN

Bahasa inggris

Dalam tes PKN STAN pertama masih ada tes bahasa Inggris. Dalam bahasa tes Inggris Anda akan diuji tentang kemampuan mendengar, memahami dan membaca. Tes ini sama seperti tes pada Ujian Nasional. Tes bahasa Inggris memuat 30 soal dan harus diselesaikan kurang dari 20 menit.

Dalam kemampuan mendengar anda akan didengarkan suatu dialog atau monolog dan Anda harus menjawab pertanyaan berdasarkan dialog dan monolog tersebut. Anda juga harus memilih kalimat yang rancu secara tata bahasa Inggris. Terakhir di tes bahasa Inggris, Anda harus bisa menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan yang tersedia.

Tes PKN STAN kesehatan dan kebugaran

Jika tes pertama anda lulus, selanjutnya anda melanjutkan tes yang kedua. Tes selanjutnya merupakan tes kesehatan dan kebugaran. Dimana kesehatan dan kebugaran tubuh Anda saat itu akan dites atau diukur.

Biasanya dalam tes kesehatan dan kebugaran ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Anda akan diperiksa tinggi dan berat badan saat itu. Selanjutnya Anda akan disuruh lari dalam waktu yang sudah ditentukan. Apakah Anda akan tahan dan tidak pingsan atau Anda akan kelelahan lalu pingsang. Perhatikan juga tentang cara daftar PKN STAN

Tes kemampuan dasar

Tes PKN STAN yang ketiga adalah tes yang terakhir. Di tes ini Anda akan diuji tentang tes kemampuan dasar atau disingkat TKD. Tes ini juga biasa dilakukan jika Anda mendaftar pegawai negeri sipil. Dalam tes kemampuan dasar dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, tes wawasan kebangsaan. Kedua, tes intelegensi umum. Ketiga, tes karakteristik pribadi.

Pertama adalah tes perihal wawasan kebangsaan. Di tes ini anda akan ditanya tentang empat pilar kebangsaan. Ada UUD 1948, ada Pancasila, ada Bhinneka Tunggal Ika dan ada pengetahuan tentang NKRI.

Di tes intelegensi umum Anda akan mengerjakan soal seperti soal tes potensi akademik. Anda akan ditanya tentang kemampuan verbal atau kebahasaan. Anda akan diuji tentang analisis, logika dan numerik. Jika Anda bisa mengerjakan tes potensi akademik, Anda juga akan bisa mengerjakan tes intelegensi umum. Sehingga ibaratnya falam tes PKN STAN ada tes yang sekali dayung dua pulau terlampaui.

karakteristis pribadi juga dijadikan tes

Tes terakhir di tes kemampuan dasar ada tes karakteristik pribadi ini, mirip seperti psikotes. Di tahap ini Anda akan diuji pengenalan karakter dan kepribadian. Anda akan di tes tingkat emosional. Perlu diketahui, Anda harus menjawab pertanyaan dalam tes ini dengan jujur.

Bisa lulus dalam tes adalah perkara yang susah-susah gampang. Yang terpenting Anda harus belajar dengan giat.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.