Tes Kesehatan Dan Kebugaran Bea Cukai STAN

Tes Kesehatan Dan Kebugaran Bea Cukai STAN

Salah satu pendidikan program diploma yang ada di STAN adalah Kepabeanan dan Cukai atau kerap disebut Bea Cukai. Jurusan ini adalah satu-satunya jurusan di STAN yang menetapkan syarat laki-laki untuk dapat mendaftar masuk. Hal ini dikarenakan pekerjaan bea cukai dianggap tidak sesuai untuk perempuan. Kebanyakan lulusan Bea Cukai bekerja di Direktorat Jendral Bea Cukai, dan ditugaskan untuk mengawasi pelabuhan, bandara serta wilayah-wilayah perbatasan yang sering rawan bahaya dan konflik. Oleh sebab itulah prodi ini hanya menerima laki-laki sebagai mahasiswanya. Sistem kuliah di Bea Cukai juga berbeda dengan prodi yang lain. Prodi ini menerapkan pembelajaran sistem semi militer. Untuk dapat bisa diterima di prodi ini, kamu tidak hanya harus lolos Ujian Seleksi Masuk (USM), tetapi juga harus lolos tes kesehatan Bea Cukai STAN. Banyak yang memilih prodi ini dikarenakan saingannya tidak terlalu banyak jika dibandingkan prodi lainnya, disebabkan oleh beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk dapat masuk.

Setelah dinyatakan lolos USM, kamu diwajibkan untuk mengikuti tes kesehatan dan kebugaran. Sebelumnya, tes kesehatan dan kebugaran hanya berlaku untuk pendaftar prodi Bea Cukai. Namun, sekarang seluruh pendaftar diwajibkan untuk mengikuti rangkaian tes kesehatan dan kebugaran. Untuk tes kesehatan meliputi tes tinggi dan berat badan, tensi darah, kesehatan mata dan organ dalam. Bedanya, untuk tes kesehatan Bea Cukai STAN, pendaftar diwajibkan memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh STAN. Seperti, tinggi badan minimal adalah 165 cm, tidak buta warna, dan mata minus maksimal yang dapat diterima adalah 2.

Setelah melalui seluruh rangkaian tes kesehatan Bea Cukai STAN, kamu harus berjuang lagi mengikuti tes kebugaran. Dalam tes ini pendaftar diminta untuk berlari selama 12 menit dan setidaknya mendapatkan 5-6 kali putaran lapangan. Setelah itu masih ada shuttle run, push up dan sit up. Nah, untuk kamu yang ingin mendaftar ke Bea Cukai STAN ada baiknya rajin olahraga mulai dari sekarang agar pada waktu tes kamu tidak berhenti ditengah jalan. Setelah lolos seleksi USM, kesehatan dan kebugaran, sampailah kamu pada tahap terakhir, yaitu tes wawancara. Nah, itu tadi sedikit informasi untuk kamu yang ingin melanjutkan studi di Program Pendidikan Diploma Bea Cukai STAN. Semoga berhasil!





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *