7 Aspek WAJIB Ketahui Pada Tes Integritas Dan Kejuruan Di IPDN

October 24, 2021

Bagi calon taruna atau taruni untuk Sekolah Kedinasan IPDN nantinya akan melewati berbagai tahapan tes perlu untuk dilaksanakan dan diikuti. Di IPDN menggunakan sistem gugur pada tiap seleksi itu ada. Tes Psikologi, tes Integritas dan Kejujuran di IPDN juga dilaksanakan.

Standar penilaian integritas dan kejujuran dari beberapa aspek di dalam diri peserta memiliki peranan yang penting. Berikut adalah beragam aspek dan nilai pada tes integritas serta kejuruannya. Perhatikan juga artikel terkait aspek penilaian tes psikologi di IPDN ini ya.

7 Aspek dan Nilai yang WAJIB Kamu Ketahui Pada Tes Integritas dan Kejuruan di IPDN

tes integritas dan kejujuran di IPDN
tes integritas dan kejujuran di IPDN

Tes Integritas dan Kejuruan di IPDN Yaitu Aspek Pada Integritas Peserta

Aspek ini pakai nilai materi. Pertama sikap dan juga tindakan jujur dilakukan pada diri sendiri ataupun lingkungan di sekitar. Kedua dilihat seberapa jauh konsistensi para peserta saat mengambil sikap ataupun tindakan. Diukur seberapa besarkah komitmen bisa dijaga dalam mewujudkan visi dan juga misi yang dimilikinya.

Seberapa objektif pandangannya beserta sikap ketika menghadapi suatu permasalahan yang ada. Sikap berani dan juga sikap tegas yang dimiliki saat ambil keputusan beserta resiko akan dihadapinya. Di ukur seberapa besar tingkat kedisiplinan yang dipunyainya saat melakukan beragam tugas atau amanah yang telah diberi.

Aspek Pada Inovasi Peserta

Kali ini untuk aspek inovasi peserta itu menggunakan materi, diantaranya yaitu. Pertama berbagai macam ide-ide baru yang diciptakan dengan tujuan untuk dikembangkan. Berusaha dalam memperbaiki kemampuan terhadap tindakan pencegahan juga pemberantasan adanya korupsi bagi semua pihak.

Nilai Untuk Kepemimpinan Para Peserta

Aspek ini juga dilakukan penyusunan materi. Pertama dilihat dari keberanian para peserta ketika menjadi pelopor serta penggerak untuk terjadinya suatu perubahan dalam tindakan pencegahan adanya korupsi yang ada.

Selanjutnya yaitu kemampuan untuk bisa dipercaya dalam mencapai tingkatan kinerja tertentu serta melebihi target ataupun harapan yang telah diberi.

Aspek Transparansi Para Peserta

Di dalam aspek ini juga terdapat susunan materi akan dijelaskan sebagai berikut. Pertama yaitu dilihat saat peserta menyelesaikan tugas yang sudah diberikan itu dapat terukur dan juga bisa dipertanggungjawabkan oleh para peserta.

Tugas jika sudah dikerjakan itu harus selalu dievaluasi dalam waktu kurun tertentu atau yang telah ditetapkan. Dengan yang terakhir hasil dari tugas yang sudah diselesaikan itu bersifat terbuka bagi para stakeholder ya.

Segi Aspek Produktivitas Peserta

Pada aspek ini nantinya disajikan materi berupa. Pertama ialah peserta harus mampu dan sanggup dalam menjaga kerja kerasnya. Bisa memanfaatkan serta menggunakan segala sumber daya yang ada secara efektif, maksimal dan juga efisien. Dan tidak lupa peserta harus punya orientasi terhadap hasil kerja yang sifatnya sistematis, berkualitas tinggi dan tentunya punya arah tujuan yang jelas.

Sisi Aspek Profesionalisme Peserta

Ada juga materi yang digunakan pada aspek ini antara lain yaitu. Pertama peserta harus mampu bekerja sesuai dengan standar kinerja sudah ditetapkan. Nah dari hasil pekerjaan itu harus bisa dipertanggungjawabkan oleh para peserta. Peserta harus punya pengetahuan yang cukup luas dan mempunyai tingkat keterampilan cukup tinggi.

Peserta juga harus bisa kerja sesuai pada kualitas kompetensi sudah ditetapkan. Bisa bekerja secara mandiri tanpa harus ada intervensi berasal dari pihak lain atau dari pihak manapun. Kemudian peserta harus bisa jaga konsistensi serta kesungguhannya saat melakukan tugas yang sudah diberikan.

Nilai Religiusitas yang Ada Pada Diri Peserta

Adapun materi pada aspek ini yaitu pertama bisa melakukan kewajiban ajaran agama dengan baik dan tekun. Punya keyakinan bahwa tindakannya berdasarkan adanya pengawasan tuhan.  Di setiap tindakannya dan pekerjaan dilakukan atas niat untuk. Juga bisa melakukan evaluasi diri sendiri serta punya tekad menjadi lebih baik lagi. Perhatikan juga artikel terkait jurusan yang bisa kamu pilih di IPDN ini ya.

Nah itulah beberapa aspek nilai pada tes integritas dan kejujuran di IPDN. Semoga bisa membantu kamu untuk lolos.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.