Tahun Berdirinya PKN STAN

Screenshot_11

Tahun Berdirinya PKN STAN

PKN STAN berdiri pada tahun ini, itulah pengetahuan masyarakat. Selama ini masyarakat mengenal Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau yang biasa disingkat STAN. Namun beberapa waktu yang lalu setelah diturunkannya Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 137/PMK.01/2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN, maka nama STAN diganti menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN atau yang biasa disingkat dengan PKN STAN.

PKN STAN Berdiri pada Tahun 1964

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sebelum mengalami perubahan, PKN STAN pada awalnya memiliki nama STAN. Dan sejarahnya, STAN didirikan pada tahun 1964 dengan dasar hukum keputusan presidan RI no. 45 tahun 1974 dan keputusan presiden RI no. 12 tahun 1967 serta peraturan menteri keuangan RI no. 1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977. Pada awal pendiriannya dan sampai saat ini, STAN dikenal sebagai perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah kementrian keuangan Indonesia. Selain nama, hal lain yang berbeda antara STAN dengan PKN STAN adalah adanya jurusan yang ditambah dan dikurangi. Jurusan yang terdapat di STAN adalah akuntansi, bea cukai, kebendaharaan negara, pajak, kepengurusan piutang dan lelang negara, dan penilai.

PKN STAN Berdiri pada Tahun 2015

Sebenarnya pada tahun 2015 STAN hanya mengalami perubahan nama saja menjadi PKN STAN sehingga tidak bisa dikatakan bahwa PKN STAN baru didirikan pada tahun 2015 mengingat STAN sendiri sudah didirikan sejak tahun 1964. Tetapi masih terdapat beberapa orang yang mempertanyakan apa perbedaann dari STAN dengan PKN STAN. Sejauh ini perbedaannya hanya ada pada nama juga jurusannya. Setelah mengalami perubahan, PKN STAN memiliki 4 jurusan yaitu akuntansi, pajak, kepabeanan dan cukai, serta manajemen keuangan. Juga terdapat 10 program studi yaitu D4 dan D3 Akuntansi, D3 dan D1 pajak, D3 Penilai, D1 dan D3 kepabean dan cukai, D3 dan D1 kebendaharaan negara, serta D3 manajemen aset. Jadi, PKN STAN berdiri pada tahun 1964 dan mengalami perubahan nama pada tahun 2015.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *