Tahapan Tes Potensi Akademik STAN

Tahapan Tes Potensi Akademik STAN

TPA STAN atau Tes Potensi Akademik adalah tes yang dilakukan pada USM atau Ujian Saringan Masuk STAN. Tes potensi akademik STAN menjadi sangat penting, karena apabila anda lolos pada tahap pertama tes USM, anda dinyatakan berhak untuk mengkuti tes selanjutnya. Meskipun kita belum mengetahui tipe soal yang akan dikeluarkan saat akan mengikuti tes potensi akademik ini, ada baiknya anda mencari-cari soal ujian dari tahun sebelumnya sebagai bahan persiapan. Selain itu, ada beberaapa hal yang harus diperhatikan sebelum dan saat mengikuti tes potensi akademik ini.

Tes potensi akademik STAN terdiri dari 120 soal meliputi 5 soal sinonim, 5 soal antonim, 9 soal hubungan kata, 6 soal kosakata, 10 soal mengenai wacana, paragraf dan pernyataan, 45 soal tentang kemampuan kuantitatif dan 40 soal penalaran. Untuk tes bahasa Inggris STAN, terdiri dari 60 soal yang meliputi 30 soal konsep dasar bahasa Inggris , 10 soal mengenai error recognition dan 20 soal megenai pemahaman dan kosakata bahasa Inggris. Ada baiknya anda memahami materi-materi tersebut dengan mempelajari soal yang berkaitan. Karena dengan banyak berlatih dan memahami soal, akan memudahkan anda dalam mengerjakan USM dari STAN.

Selain itu, pada tes potensi akademik STAN yang terdiri dari 180 soal, peserta diberikan waktu untuk menjawab soal selama 2,5 jam atau 180 menit dengan pegerjan rata-rata 1,2 soal setiap menitnya. LJK yang disiapkan oleh panita hanya berjumlah 1 lembar. Sehingga, anda harus berhati-hati dalam mengisikan jawaban.  Dalam tes potensi akademik ini, STAN juga memberlakukan sebuah peraturan mengenai nilai mati. Apa yang dimaksud dengan nilai mati? Nilai mati adalah nilai yang menentukan seorang peserta lolos pada tes potensi akademi atau tidak. Nilai mati merupakan nilai minimal yang harus dipenuhi oleh peserta pada masing-masing tes yaitu tes akademik dan tes bahasa Inggris. Nilai ini berupa jumlah jawaban benar lebih atau sama dengan 1/3 dari jumlah soal pada masing-masing tes. Selamat berjuang dan semoga berhasil!





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *