Tahapan Seleksi Ujian PKN STAN

Kenali Beberapa Tahapan Seleksi Ujian PKN STAN

Kenali Beberapa Tahapan Seleksi Ujian PKN STAN. Sama seperti perguruan tinggi lainnya, untuk masuk ke PKN STAN harus berhasil melalui beberapa seleksi ujian. Ujian ini di kenal dengan istilah Ujian Saringan Masuk atau (USM) PKN STAN. Dalam seleksi ini, calon mahasiswa dituntut siap dalam segala hal; baik dalam hal materi maupun mental. Sebab USM PKN STAN akan sedikit lebih sulit jika dibandingkan dengan USM lainnya.

Jika kalian termasuk siswa lulusan SMA yang ingin masuk ke PTN STAN, maka ada baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu beberapa rangkaian tes yang akan dijalani. Lalu tes apa saja yang akan kalian dapati jika ingin masuk ke PKN STAN? Untuk mengetahui selengkapnya, mari ikuti rangkuman artikel di bawah ini.

Tahapan Seleksi Ujian PKN STAN yang pertama yaitu pengujian administrasi. Saat mendaftar pada perguruan tinggi mana pun, administrasi wajib diselesaikan terlebih dahulu. Hal ini untuk mempermudah pada tahapan seleksi selanjutnya. Dalam tahap pengujian administrasi, semua data diwajibkan telah terisi 100%.

Tahapan Seleksi Ujian PKN STAN
Tahapan Seleksi Ujian PKN STAN

Berikut tahapan seleksi ujian PKN STAN

Semua berkas akan diteliti agar tidak ada kesalahan pada kemudian hari. Dalam tahapan ini, data atau berkas kita akan diketahui telah memenuhi syarat atau tidak. Jika dirasa telah sesuai memenuhi persyaratan, maka kita bisa mengikuti sesi tes berikutnya. Dalam menyiapkan persyaratan berupa berkas-berkas, ada baiknya kita telah menyiapkan jauh-jauh hari agar persiapan semakin maksimal. Simak berikut cara jadi mahasiswa PKN STAN yang baik.

Tahapan yang kedua yaitu ujian tertulis. Dalam tahapan ini, persiapan materi kita akan diuji. Apa yang telah kita pelajari untuk masuk ke PKN STAN akan bermanfaat dalam ujian yang satu ini. Ujian Saringan Masuk (USM) PKN STAN meliputi Tes Potensial Akademik (TPA) dan juga Tes Bahasa Inggris (TBI).

Peserta akan diberikan waktu sekitar 150 menit untuk menjawab 120 soal TPA dan 60 soal TBI. Ujian ini terbilang berat karena waktu yang relatif singkat dan juga adanya sistem nilai mati. Jadi kemampuan kita dalam bidang Akademik dan juga Bahasa Inggris akan sangat berguna dalam tahap ujian tertulis ini.

Tes kesehatan

Tahapan Seleksi Ujian PKN STAN selanjutnya yaitu tes kesehatan. Bukan hanya menjadi polisi dan tentara yang perlu tes kesehatan. Dalam PKN STAN tes kesehatan serta kebugaran juga perlu dilakukan. Kemampuan fisik para MABA akan di tentukan dengan tes lari membentuk angka 8. Jadi bagi kalian yang ingin masuk PKN STAN perlu memerhatikan tes yang satu ini.

Ada baiknya jika kita melakukan latihan fisik di rumah jauh sebelum mengikuti ujian. Dengan persiapan fisik yang matang, maka kalian akan berhasil melewati sesi tes kesehatan ini.

Untuk tahapan yang terakhir yaitu ujian kemampuan dasar. Pada tahapan terakhir ini, kita akan dihadapkan pada sesi wawancara. Dalam wawancara ini akan dibagi menjadi tiga kemampuan dasar. Yang pertama wawasan tentang kebangsaan. Kedua yaitu tes intelegensi umum dan yang terakhir yaitu tes pembentukan kepribadian. Jadi dari ketiga tes di atas perlu kita pelajari sebelumnya. Jika kita telah berhasil pada tahap ini, maka kita berhak menempuh pendidikan di PKN STAN.

Tahapan Seleksi Ujian PKN STAN perlu beberapa persiapan. Kita wajib mengenalinya jauh-jauh hari demi mencapai hasil yang maksimal. Semoga dengan kesungguhan yang kita lakukan, kita dapat lolos pada seleksi ujian PKN STAN ini.





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *