Kenali 4 Tahapan IPDN Sebelum Daftar, Apa Saja?  Ini Dia!!!

June 13, 2022

Sekolah kedinasan menjadi hal yang menarik untuk banyak orang. Bahkan, banyak orang melakukan pendaftaran pada berbagai macam sekolah untuk mendapatkan posisi CPNS. Salah satu hal yang penting adalah tahapan IPDN untuk Anda yang ingin daftar.

Memang benar halnya ada banyak sekolah kedinasan yang terbuka untuk para pendaftar CPNS. Untuk Anda yang ingin melakukan pendaftaran salah satu instansi atau sekolah yang terbuka adalah IPDN. Namun, dapat dikatakan sekali ini sangat sulit untuk ditembus.

Tahapan IPDN

IPDN sendiri menempati posisi kedua dengan para pendaftar yang jumlahnya sangat banyak. Bahkan, dapat mencapai 24 ribu pendaftar setiap tahunnya. Pendaftar akan terus bertambah ketika waktu sudah dekat dengan waktu penutupan. Maka, persaingan menjadi sangat sulit

Dari banyaknya orang yang mendaftar ke dalam IPDN instansi ini hanya menerima maksimal 1700 orang. Tentunya, dapat terjadi perbedaan pada tahun-tahun tertentu. Sesuai dengan pengumuman yang diberikan Kementerian Dalam Negeri, ada 4 tahapan untuk lolos IPDN.

Ini 4 Tahapan IPDN Untuk Seleksi

Masa sebagai bagian seleksi yang paling berat, hal ini menAndakan kalau Anda harus siap melakukan berbagai macam hal untuk kelulusan sendiri. Untuk melakukan pendaftaran, cek dahulu 4 tahapan yang akan dilakukan ini. Jika Anda siap, silakan daftar untuk seleksi.

Tahapan IPDN pertama: Melakukan seleksi

Tahap pertama yang akan dijalankan oleh para pendaftar yang sudah terbukti lolos verifikasi adalah melaksanakan skd. Seleksi kompetensi dasar ini adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan dan dapat menggugurkan banyak orang. SKD juga menggunakan sistem CAT.

Seleksi kompetensi dasar ini berkaitan dengan berbagai macam soal untuk menguji kemampuan Anda dengan stAndarisasi PNS. Jumlah soal dengan skd bakal mencapai 110 soal dan hanya dapat dikerjakan dalam waktu 110 menit. Artinya, 1 soal 1 menit untuk menjawab. Simak juga tentang Sekolah Dinas Di Bawah Kemenhub supaya tidak bingung lagi.

Tes kesehatan daerah

Tahap kedua yang dilakukan setelah skd adalah tes kesehatan. Tes kesehatan daerah ini dapat Anda lakukan dengan mengunjungi klinik yang ada di daerah sendiri. Proses ini menjadi hal yang penting untuk dilakukan karena sesuai dengan syarat yang berlaku.

Tahap ketiga

Tahapan IPDN selanjutnya yang harus dilakukan adalah tes psikologi. Tes ini dilakukan untuk mendapatkan hasil psikotest yang sesuai. Anda juga harus melakukan tes integritas dan kejujuran dalam seleksi seperti ini. Ada beberapa hal yang sudah disiapkan untuk ini.

Nantinya Anda hanya perlu mengerjakan berbagai soal untuk tes psikologi dan mengikuti arahan yang ada dalam tes integritas dan juga kejujuran. Tes ini akan membuktikan apakah Anda sesuai dengan kriteria PNS yang dibutuhkan.

Tes pantukhir

Langkah terakhir dalam teks ini juga merupakan tes yang sangat merepotkan. Anda melakukan tes kesehatan kemudian tes kesamaptaan.  Selain itu Anda juga harus melakukan wawancara dan pemeriksaan penampilan untuk bergabung ke dalam instansi.

Seluruh rangkaian tes ini akan dilakukan di IPDN Jatinangor.  Tes kesamptaan ini dapat dikatakan sebagai tes fisik atau juga kesehatan. Ada berbagai macam tes yang akan dilakukan mulai dari lari. Kemudian, ada juga push up dan sit up juga chining, shuttle run dan pull up.

Jika sudah menyelesaikan tahapan IPDN ini Anda akan mendapatkan informasi yang jelas berkaitan dengan kelulusan sendiri. Biasanya, perlu menunggu cukup lama karena ada banyak hal yang harus diperiksa untuk memutuskan orang yang berhasil bergabung.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.