Tahapan dalam Tes Ujian STAN 2015/2016

 Tahapan dalam Tes Ujian STAN 2015/2016

Tes ujian STAN 2015/2016 kali ini dilaksanakan seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Yaitu diselenggarakan dalam beberapa tahap yang dilakukan dengan system gugur. Bedanya, tahun ini peminat STAN lebih banyak lagi jumlahnya. Padahal kuota yang disediakan oleh STAN tidaklah banyak. Hanya berkisar antara 2000 sampai 5000 mahasiswa saja. Sedangkan tahun sebelumnya saja pendaftar STAN sudah mencapai puluhan ribu jumlahnya. Sehingga hal ini membuat tingkat kesulitan untuk bisa diterima di STAN semakin tinggi. Selain dari segi persaingan yang sangat ketat, STAN juga meninggikan standar kualitas calon mahasiswanya dengan meningkatkan tingkat kesulitan soal-soal yang diujikan dan juga tahapan tes yang semakin banyak.

Untuk tes ujian STAN 2015/2016 kali ini setidaknya pendaftar STAN harus mengikuti serangkaian tes yang terdiri dari tes seleksi administrasi. Yaitu merupakan tahap verifikasi berkas dimana calon pendaftar harus memenuhi seluruh persyaratan yang sudah ditentukan oleh pihak STAN secara resmi. Pelamar harus menyiapkan semuanya secara teliti. Karena hanya pendaftar yang memenuhi semua kriteria yang sesuai persyaratanlah yang nantinya bisa mengikuti tes tertulis STAN. Ketika anda sudah bisa lolos dari verifikasi berkas ini, baru kemudian anda memperoleh kartu bukti peserta ujian yang digunakan untuk menempuh ujian tertulis nantinya. Ujian tertulis itu sendiri terdiri dari dua bagian yang diujikan, yaitu TPA atau tes potensi akademik, dan juga tes bahasa Inggris. Masing-masing soal berjumlah  120 untuk soal TPA dan 60 untuk soal Bahasa Inggris.

Penilaian pada tahap ini dilakukan dengan poin mati, sehingga seluruh peserta harus benar-benar teliti dalam mengerjakan tiap butir soal. Selain itu juga tingkat kesulitas soal yang tinggi. Terlebih ditambah waktu yang disediakan cukup terbatas, sedangkan peserta harus bisa menyelesaikan semua soal. Peserta yang berhasil lolos dalam tes ujian STAN 2015/2016 tertulis ini, kemudian akan melanjutkan pada tahap selanjutnya yaitu tes wawancara dan juga tes kesehatan. Pada tes kesehatan peserta akan dinilai kebugaran fisiknya, dan juga jasmaninya. Terdiri dari cek kesehatan mata, telinga, reflek, tiggi badan, berat badan, dan lainya.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *