tahap seleksi ujian PKN STAN

Tahap Seleksi Ujian PKN STAN Apa Saja? berikut 3 tahapannya

Tahap Seleksi Ujian PKN STAN Apa Saja? Memilih perguruan tinggi tentu memiliki tantangan tersendiri. Banyak hal yang harus dipertimbangkan di dalamnya mulai dari jarak tempuh, biaya, akreditasi kampus, sampai dengan sistem pembelajaran. Selain itu, jika anda telah menentukan kampus mana yang anda tuju, anda harus mempersiapkan diri untuk mampu masuk dalam seleksI.

Salah satu perguruan tingi yang diminati banyak calon peserta didik adalah PKN STAN. Perguruan tinggi kedinasan ini berada di bawah kementrian keuangan yang berkerja sama dengan menteri pendidikan. Untuk dapat memasuki kampus impian banyak orang tersebut terdapat seleksi ketat dengan ribuan pesaing dari seluruh Indonesia yang harus dilewati. Berikut tahapan-tahapan seleksi ujian yang harus anda lewati jika ingin masuk ke kampus PKN STAN ini. simak juga tutorial daftar PKN STAN.

tahap seleksi ujian PKN STAN
tahap seleksi ujian PKN STAN

Tahapan Seleksi Ujian PKN STAN Apa Saja?

Tahap seleksi ujian PKN STAN dalam Administrasi

Pada tahap ini anda diharuskan mendaftar secara online di link yang disediakan. Untuk lolos tahap seleksi ujian PKN STAN yang pertama ini anda perlu membaca dengan teliti apa saja yang dipersyaratkan.  Terdapat beberapa persyaratan pada tahap ini, yaitu tahun kelulusan, usia, nilai minimal, belum menikah, dan bersedia tidak menikah selama pendidikan. Serta bebas NAPZA, dan tidak pernah diumumkan lulus pada seleksi penerimaan di tahun-tahun sebelumnya.

Terkhusus bagi anda yang memiliki minat masuk pada jurusan cukai terdapat persyaratan tambahan tinggi badan, tidak cacat badan. Serta memiliki batas mata minus, dan tidak buta warna. Dan bagi anda yang memilih menggunakan jalur afirmasi ditambahkan persyaratan telah menyelsaikan SD dan SMP. Dan, serta memiliki garis keturunan asli dari daerah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan NTT. Setelah itu anda diminta untuk menyetor biaya pendaftaran untuk melakukan test SKD sebesar RP 300.000,-.

Tes CAT

Tes seleksi kedua ini ada tiga jenis tes yang diujikan yang pertama adalah tes potensi akademik.  Yang dimana menguji kemampuan akademik anda mulai dari kemampuan verbal dan membaca, matematik, serta penalaran. Waktu yang disediakan untuk menjalankan tes ini adalah 40 menit dengan 45 soal. Dan anda harus mendapat poin minimal 67 dari penilian benar 4, salah dikurangi 1, kosong 0.

Yang kedua ada tes bahasa inggris. Yang dimana menguji kemampuan bahasa ingris anda terdapat 20 soal dan waktu 20 menit dengan nilai mati 30. Dan yang terakhir adalah seleksi kompetensi  dasar yang materinya berisi tes intelegensi umum, wawasan kebangsaan, dan karakteristik pribadi. Dimana sebanyak 100 soal dan dikejakan dalam waktu 100 menit dengan sistem penilaian yang cukup unik dan berbeda.

Tes Kesehatan Dan Kebugaran Dan Psikotes

Tahap seleksi ujian PKN STAN ini lebih menguji kepada fisik anda. Ujiannya dalah pemeriksaan tinggi badan, berat, tekanan darah, mata, dan lainnya. Setelah itu terdapat ujian lagi mengelilingi lapangan dan suttle run untuk mengetahui kebugaran anda. Dan tes psikotes yang kini dilakukan setelah tes CAT.

Dari berbagai tahapan seleksi ujian PKN STAN yang telah disebuutkan di atas, apakah andan siap untuk melewatinya. Untuk mendapatkan sesuatu yang baik demi kesuksesan anda perlu perjuangan yang hebat. Untuk itu berusahalah semaksimal mungkin untuk dapa masu ada kampus impian anda. Jika anda telah beusaha namun hasil berkehendak lain. Tetap syukuri, mungkin itu yang terbaik bagi anda.

 





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *