MAU MASUK PKN STAN? INI SYARATNYA!

MAU MASUK PKN STAN? INI SYARATNYA! – PKN STAN telah menjadi salah satu lembaga pendidikan tinggi terfavorit karena merupakan lembaga ikatan dinas yang bekerja sama dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Para lulusan dari PKN STAN akan bekerja di instansi pemerintah di bawah Kemenkeu maupun Nonkemenkeu serta diangkat menjadi CPNS dan juga PNS.

Tidak heran jika syarat masuk PKN STAN syaratnya terbilang ketat. Selain syarat-syarat umum seperti nilai rata-rata minimal dan usia, untuk bisa mendaftar di PKN STAN juga dibutuhkan badan yang sehat, bebas narkoba serta tinggi badan minimal untuk mendaftar jurusan Kepabeanan dan Cukai. Ketatnya persyaratan ini dimaksudkan agar lulusan PKN STAN nantinya dapat menjadi pegelola keuangan yang berkualitas.

Syarat Masuk PKN STAN

Seperti memasuki perguruan tinggi pada umumnya, pasti ada syarat yang harus dipenuhi oleh tiap-tiap calon peserta, begitu juga jika ingin masuk PKN STAN. Berikut adalah syarat yang harus dipenuhi calon mahasiswa, antara lain:

  1. Calon mahasiswa baru harus merupakan lulusan SMA atau sederajat, nilai rata-rata minimal 7.00 dan bukan hasil pembulatan, usia minimal 17 tahun dan usia maksimal 20 tahun, berbadan sehat serta belum menikah dan bersedia tidak menikah selama berkuliah di PKN STAN.
  2. Syarat khusus berlaku untuk Program Studi Kepabeanan dan Cukai di mana calon mahasiswa harus memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk laki-laki dan 155 cm untuk perempuan, tidak mengalami cacat badan dan buta warna, dan pemakaian kacamata atau lensa kontak ditolerir sampai dua dioptri.

Tips Agar Bisa Lolos SPMB PKN STAN

Banyak orang berharap bisa lolos SPMB PKN STAN, namun tiap tahun hanya sedikit saja peserta yang bisa lolos dan berkuliah di PKN STAN karena memang kuota penerimaannya hanya sedikit. Kita bisa menerapkan tips berikut agar bisa lolos SPMB PKN STAN, yaitu:

  1. Menyiapkan diri sendiri untuk mengikuti USM STAN. Kita bisa mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah.
  2. Persiapkan pula fisik yang prima. Terutama, pastikan kita bebas napza serta tidak menggunakan kacamata atau lensa kontak yang ukurannya lebih dari dua dioptri.
  3. Jangan hanya mempersiapkan diri untuk ujian masuk PKN STAN tapi juga ujian kelulusan. Ini karena salah satu syarat masuk PKN STAN adalah nilai minimal rata-rata di ijazah harus 70.00.




Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *