Syarat dan Tata Cara Pendaftaran PKN STAN

syarat dan pendaftaran pkn stan

Syarat dan Tata Cara Pendaftaran PKN STAN – Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang berlokasi di Bintaro, Tangerang Selatan. PKN STAN menjadi salah satu PTK yang paling banyak diminati oleh siswa dan menjadi salah satu PTK dengan kuota penerimaan mahasiswa baru terbanyak dibandingkan dengan PTK lain. Namun di tahun 2019 ini, kuota penerimaannya menurun menjadi 3.000, padahal di tahun 2018 kuota penerimaannya adalah 7.301. Penurunan yang sangat drastis ya, SobatNS!

Fyi nih SobatNS, PKN STAN berada di bawah naungan Kementerian Keuangan Negara RI dan selama masa perkuliahan di PKN STAN, mahasiswa tidak ditarik biaya sepeserpun lho alias gratis! Nggak cuma itu, mahasiswa yang telah lulus dari spesialisasi D1 dan D3 PKN STAN akan diangkat menjadi CPNS di lingkungan Kementerian Keuangan ataupun Non-Kementerian Keuangan, baik di tempatkan di kota maupun di daerah.

Nah, di PKN STAN terdapat dua program, yakni Regular dan Afirmasi. Program Regular adalah program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah di Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan dan Instansi Pemerintah lainnya. Sedangkan program Afirmasi adalah program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri dari Papua (Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat), Provinsi Maluku, Provinsi Maluku Utara, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi pegawal Kementerian Keuangan pada unit kerja di wilayah tersebut.

Sudah tau kan bedanya, SobatNS?

Sekarang kita lanjut ke persyaratan pendaftaran PKN STAN ya. miNsix kutip ini dari persyaratan pendaftaran PKN STAN 2019. Cekidottt!

  1. Lulusan (tahun 2018 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2019) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.
  2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar:
    1. Untuk lulusan tahun 2018 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
    2. Untuk calon lulusan tahun 2019, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2019 adalah 20 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 1999 tidak diperkenankan untuk mendaftar. usia minimal pada tanggal 1 September 2019 adalah 17 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma I dan 15 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma III.
  4. Sehat jamdani dan kejiwaan dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). Kriteria sehat jasmani adalah:
    1. mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik;
    2. mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi; dan
    3. mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu
  5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  6. Khusus program studi kepabeanan dan cukai ditambahkan persyaratan sebagai berikut :
    1. Untuk program studi Diploma I:
  1. Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm
  2. Perempuan tinggi badan minimal 155 cm
    1. Untuk Program studi Diploma III:
  1. Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm
    1. Tidak Cacat Badan;
    2. Tidak Buta Warna; dan
    3. Untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.
  1. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:
    1. telah menyelesaikan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP atau yang sederajat di wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur
    2. memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur
  2. Menyetor biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar berdasaran PP Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.
  3. Pendaftar tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa baru PKN STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara pada tahun-tahun sebelumnya.

Lanjut…. setelah tau syaratnya, kalian harus tau tata cara pendaftarannya yaa. Ini dia!

  1. Tahapan pendaftaran
  2. Registrasi peserta melalui portal http://sscasn.bkn.go.id pada tanggal 9-30 April 2019 terdiri dari tahapan sebagai berikut:
  • memilih menu Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Melalui Pendidikan Kedinasan;
  • mendaftarkan diri dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) untuk mendapatkan akun dan password yang akan digunakan untuk login]
  • login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan;
  • memilih sekolah kedinasan PKN STAN, melengkapi biodata, dan mengunggah dokumen yang diperlukan. Khusus untuk calon peserta program afirmasi mengunggah tambahan dokumen sebagaimana dimaksud pada angka 2;
  • mengecek resume dan mencetak bukti pendaftaran;
  • logout dari portal http://sscasn.bkn.go.id untuk melanjutkan proses berikutnya melalui portal . Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga dan apabila pelamar diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.
  1. Pengisian formulir pendaftaran online (e-registration) melalui portal pada tanggal 9-30 April 2019 yang terdiri dari tahapan sebagai berikut:
  • login dengan menggunakan akun dan password yang didaftarkan pada portal http://sscasn.bkn.go.id;
  • mengisi data pilihan Spesialisasi;
  • mengisi data tambahan pada formulir pendaftaran online]
  • mengunci data dan mendapatkan kode billing berupa Mandiri Virtual Account (MVA); dan
  • menyetor biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan.
  1. Setelah melakukan pembayaran, peserta mengunduh dan mencetak Kartu Ujian pada portal http://sscasn.bkn.go.id. Kartu Ujian dapat diunduh dan dicetak satu hari setelah calon peserta menyetor biaya pendaftaran.
  2. Calon peserta Program Afirmasi mengunggah tambahan dokumen pada portal http://sscasn.bkn.go.id sebagai berikut:
  • Ijazah SD dan Ijazah SMP; dan
  • Akta Kelahiran peserta, KTP ayah atau ibu kandung, dan Kartu Keluarga atau Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan/Kepala Desa.
  1. Calon peserta melakukan pembayaran dengan ketentuan sebagai berikut:
    • periode pembayaran adalah 9-30 April 2019;
    • pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri, dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking, atau internet banking dengan menggunakan MVA (perhatikan tata cara pembayaran pada situs http://spmb.pknstan.ac.id);
    • sebelum melakukan pembayaran, calon peserta harus memastikan dirinya telah memenuhi seluruh persyaratan sebagaimana tercantum dalam huruf B tentang Syarat-syarat Pendaftaran. Kesalahan yang terjadi pada saat melakukan penyetoran biaya pendaftaran di bank adalah tanggung jawab masing-masing peserta dan uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun.

Panduan pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada situs http://www.kemenkeu.go.id, , dan http://www.pknstan.ac.id

Trus apa aja sih yang diujikan di SPMB PKN STAN?

Pada SPMB PKN STAN, ujian dibagi menjadi tiga tahap:

Tahap pertama adalah tertulis, materi yang diujikan adalah ujian SKD (Seleksi Kompetesi Dasar), TPA (Tes Potensi Akademik) dan TBI (Tes Bahasa Inggris).

Pada SKD, terbagi lagi menjadi TKP (Tes Karakteristik Pribadi), TIU (Tes Intelegensi Umum) dan TWK (Tes Wawasan Kebangsaan).

Setelah SobatNS dinyatakan lolos pada tahap ini, SobatNS akan lanjut ketahap ujian Psikotes dan Ujian Kesehatan & Kebugaran (UKK).

Ketika kalian berhasil lolos dari ketiga tahap tersebut dan memenuhi persyaratan yang diajukan oleh PKN STAN, maka kalian resmi diterima menjadi mahasiswa PKN STAN.

 

 

 

 





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *