Syarat dan Tata Cara Mendaftar STAN 2015/2016

Syarat dan Tata Cara Mendaftar STAN 2015/2016

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) merupakan pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementrian Keuangan Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan (Prodip Keuangan). STAN memberikan jaminan penempatan kerja setelah lulus pendidikan seperti di kantor Perpajakan dan Keuangan Negara yang ada di Seluruh Indonesia.Tak heran jika banyak calon mahasiswa mengidam-idamkan untuk dapat meneruskan studinya di sini. Seperti tahun-tahun sebelumnya, USM STAN 2015 kali ini diprediksi akan diikuti oleh lebih banyak calon mahasiswa baru di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kami akan bagikan cara mendaftar di STAN tahun 2015/2016 agar kalian dapat mempersiapkan diri semaksimal mungkin.

Cara mendaftar di STAN tahun 2015/2016 cukup sederhana. Simak beberapa persyaratan umum untuk seleksi STAN tahun ini. Syaratnya antara lain lulus SMA atau sederajat dengan nilai rata-rata ujian tertulis di ijazah atau SKL/SKHUN tidak kurang dari 7,25 (tujuh koma dua lima) dan bukan hasil dari pembulatan nilai, usia tidak kurang dari 17 tahun pada tanggal 30 September 2015 dan tidak lebih dari 20 tahun pada tanggal 1 September 2015, berbadan sehat (tidak cacat badan) dan bebeas dari napza, belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan, membayar biaya pendaftaran USM sebesar Rp 150.000,00 dan biaya yang dikeluarkan akibat transaksi ditanggung oleh pendaftar. Khusus Spesialisasi Kepabean dan Cukai ditambahkan persyaratan terutama untuk Program Diploma I pendaftar laki-laki memiliki tinggi badan minimal 165 cm dan perempuan dengan tinggi badan minimal 155 cm. Sedangkan untuk Program Diploma II pendaftar laki-laki harus memiliki tinggi badan minimal 165 cm. Untuk program diploma III tidak buta warna serta bagi pengguna kaca mata diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.

Selain persyaratan tersebut, cara mendaftar di STAN tahun 2015/2016 juga menyajikan beberapa jalur masuk yang digunakan. Jalur masuk pertama adalah melalui jalur masuk USM STAN untuk ujian tertulis dengan berbagai jurusan dan jenjang pendidikan. Jalur masuk kedua adalah jalur masuk beasiswa BPKP STAN yang diperuntukkan bagi mereka yang sudah lulus D3 STAN sebelumnya ataupun yang sudah bekerja PNS maupun CPNS dan ingin melanjutkan ke jenjang DIV STAN. Sedangkan jalur terakhir adalah jalur masuk melalui Badan Kepemerintahan Perpajakan dan Keuangan. Jalur ini diperuntukkan bagi mereka yang sudah bekerja di kantor pemerintahan terutama urusan perpajakan dan keuangan. Demikian ulasan mengenai beberapa persyaratan dan tata cara pendaftaran di STAN tahun ini, persiapkan diri kalian !.