Spesialisasi Manajemen Aset

Apa Itu Spesialisasi Manajemen Aset Di PKN STAN

Apa Itu Spesialisasi Manajemen Aset Di PKN STAN. Jika jurusan penilaian menjadi tekniknya STAN, maka jurusan Manajemen Aset dapat disebut Hukumnya STAN. Di jurusan ini, kamu harus berkutat dengan mata kuliah hukum khas STAN seperti masalah piutang, lelang negara dan penilaian properti dan aset.

Dulu jurusan ini diberi nama spesialisasi Pengurus Piutang Lelang Negara atau sapaan akrabnya PPLN. Tapi karena ada perubahan, namanya sekarang menjadi Manajemen Aset atau Manset. Program Studi ini memang hanya ada di PKN STAN saja. Kamu tidak bisa menemukannya di perguruan tinggi lainnya.

Spesialisasi Manajemen Aset
Spesialisasi Manajemen Aset

Apa itu Manajemen Aset?

Secara dasar, Spesialisasi Manajemen Aset menjadi ilmu yang mempelajari sistem kepengurusan aset negara. Manajemen Aset menjadi kombinasi beberapa bidang ilmu seperti Ekonomi, Manajemen, Teknik dan juga Keuangan. Jadi mata kuliahnya benar-benar kompleks dan berbeda dengan jurusan lainnya. Simak juga tentang tes kesehatan STAN dan tes kebugaran STAN.

Manajemen Aset itu menjadi jurusan yang sangat penting karena aset negara itu perlu dilindungi dan juga dioptimalkan fungsinya. Kegiatan Manajemen Aset ini dimulai dengan mengidentifikasi aset yang ada, menentukan berapa rasio dan juga melakukan inventarisasi aset. Tak hanya itu, ada juga siklus pembayaran dan analisa kesenjangan, mencatat sisa manfaat aset.

Tak hanya itu, di jurusan Spesialisasi Manajemen Aset PKN STAN, kamu juga akan melakukan monitoring atas kondisi audit dan aset serta menyiapkan rencana kerja manajemen aset yang ada. Tidak lupa, kamu harus melakukan identifikasi kebutuhan aset dengan mempertimbangkan kondisi di masyarakat. Jurusan ini cocok sekali untuk dipelajari karena banyak tantangannya.

Seperti Apa Jurusan Manajemen Aset di PKN STAN?

Mahasiswa yang menjadi lulusan Manajemen Aset diharapkan bisa melaksanakan tugas untuk meregister berkas kasus piutang dan juga lelang negara, melaksanakan eksekusi harga kekayaan debitur, melakukan verifikator pembukuan, mengawasi teknik yuridis dan juga menggali potensi lelang.

Di jutusan Spesialisasi Manajamen Aset ini, mahasiswanya diharapkan bisa kompeten untuk menilai dan juga menindaklanjuti usaha yang ada pengaruhnya terhadap aset milik negara. Tidak heran jika mahasiswa di jurusan ini terkenal sangat telaten, cerdas, cermat dan teliti. Sekali salah langkah, yang menjadi taruhannya adalah set negara.

Yang Akan Dipelajari Mahasiswa Manajemen Aset PKN STAN

Mirip dengan spesialisasi lain yang ada di PKN STAN Keuangan dan Akuntansi adalah mata kuliah yang wajib dipelajari oleh mahasiswa dan mahasiswi Manajemen Aset. Selain itu ada juga mata kuliah berbasis pokok seperti pengetahuan lelang, penilaian aset, pengelolaan kekayaan negara, pengelolaan BUMN dan juga properti.

Sedangkan untuk mata kuliah yang ada kaitannya dengan hukum perusahaan, perdata dan juga pertahanan juga dipelajari di Spesialisasi Manajemen Aset. Hanya saja mata kuliah ini dipelajari lebih lanjut di aset-aset yang dimiliki negara.

Prospek Kerja

Sebagian besar lulusan PKN STAN langsung ditempatkan di Kementrian Keuangan. Jurusan Manajemen Aset juga demikian. Lulusan spesialisasi ini ditempatkan di Kementrian Keuangan yang di bawah manajemen DJKN atau Direktorat Jendral Kekayaan Negara. Lulusannya bisa menempati posisi pejabat atau juru sita, pejabat pengurusan piutang, lelang negara dan juga penilaian serta pemeriksaan.

Dibanding jurusan lainnya, Spesialisasi Manajamen Aset memiliki persaingan yang cukup longgar karena pesaingnya sedikit. Ini tentu bisa menjadi peluang untuk masuk PKN STAN lewat jurusan ini. Meskipun tidak terlalu populer, akan tetapi prospek kerja serta materi yang dipelajari tidak semudah yang dibayangkan. Untuk bisa lolos, kamu tetap harus belajar dengan tekun.





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *