spesialisasi kebendaharaan negara

Apa Itu Spesialisasi Kebendaharaan Negara di PKN STAN?

Apa Itu Spesialisasi Kebendaharaan Negara di PKN STAN? – Seperti yang telah diketahui, PKN STAN merupakan instansi kedinasan yang banyak diminati. Banyak orang yang bersaing mati-matian untuk dapat menjadi lulusan PKN STAN dan memperoleh pekerjaan yang mapan. Terdapat berbagai prodi yang tersedia di PKN STAN, salah satunya adalah Spesialisasi Kebendaraan Negara. Prodi ini termasuk prodi yang terfokus pada masalah keuangan negara. Untuk informasi lebih lanjut simak beberapa hal terkait prodi kebendaraan negara di PKN STAN berikut.

spesialisasi kebendaharaan negara
spesialisasi kebendaharaan negara

Beberapa Fakta Terkait Spesialisasi Kebendaharaan Negara

Pengertian

Sebelum mengetahui secara lebih dalam terkait kebendaharaan negara, alangkah baik jika memahami pengertiannya terlebih dahulu. Kebendaraan negara merupakan sebuah ilmu yang mengkaji hal-hal yang berurusan dengan keuangan negara. Dapat meliputi pelaporan keuangan, perencanaan, pelaksanaan, dan penggunaan uang negara. Dari pengertian ini, dapat dipahami bahwa kebendaraan negara sangat berkaitan dengan pengelolaan keuangan negara.

Lalu apa itu spesialisasi kebendaharaan negara? Sejatinya prodi ini memfokuskan pada masalah keuangan negara. Membahas contohnya terkait pengelolaan keuangan negara, mekanisme pendapatan dan belanja negara, serta penyusunan APBN. Prodi kebendaraan negara ini juga seringkali disebut dengan anggaran.

Apa yang dipelajari?

Dalam prodi spesialisasi kebendaraan negara, akan mempelajari tentang ilmu-ilmu yang berkaitan dengan akuntansi komersil, akuntansi pemerintahan, pelaksanaan belanja negara, sistem perencanaan anggaran negara, pengadaan barang dan jasa, monitoring dan evaluasi anggaran,  dan lain sebagainya. Selain itu, mahasiswa/mahasiswi juga akan mempelajari tentang statistika keuangan, masalah perencanaan penganggaran, evaluasi proyek, pengujian spesialis kebendaraan negara, dan lainnya sebagai penunjang spesialis. Berikut simaklah juga perbedaan diploma PKN STAN.

Perlu diketahui juga bahwa dalam jurusan spesialisasi kebendaharaan negara di PKN STAN terdapat dua program studi, yaitu Diploma I Kebendaraan Negara dan Diploma II Kebendaraan Negara.

Spesialisasi yang eksklusif

Spesialisasi ini dapat dikatakan eksklusif karena mempelajari hal yang spesifik, begitupula dengan lahan pekerjaannya yang juga spesifik. Oleh karena itu jumlah dari mahasiswa kebendaraan negara tidak sebanyak jurusan lain. Diharapkan mahasiswa/mahasiswi dalam jurusan kebendaraan negara ini memiliki kompetensi dalam mengelola hal-hal administratif dan teknis keuangan negara. Spesialisasi ini tidak heran dimunculkan karena PKN STAN berada dibawah naungan BPPK Kementrian Keuangan.

Bagi anda yang ingin masuk jurusan spesialisasi kebendaharaan negara, siap-siap untuk menerima materi keuangan yang telah menjadi makanan pokok bagi mahasiswa/mahasiswi disana. Mata kuliah yang ada pada jurusan kebendaraan negara juga jarang ditemukan di perguruan tinggi lain. Contohnya adalah mata kuliah Perencanaan Kinerja Anggaran yang didapatkan di Semester 2, pengelolaan utang, pelaksanaan pendapatan negara, perimbangan keuangan pusat dan daerah, mata kuliah terkait APBN, dan lain sebagainya.

Spesialisasi kebendaharaan negara dari Prospek kerja

Untuk prospek kerja seperti yang banyak diketahui, lulusan PKN STAN akan ditempatkan di Kementrian Keuangan. Untuk mahasiswa/mahasiswi kebendaraan sendiri akan ditempatkan sebagian besar di Direktorat Jendral Perbendaraan. Selain itu juga dapat bekerja di KPPN dan kantor wilayah, Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan (DJPK), Direktorat Jendral Anggaran (DJA), serta Direktorat Jendral Pengelolaan Utang (DJPU).

Itulah dia beberapa informasi terkait spesialisasi kebendaharaan negara. Jika anda tertarik untuk mempelajari terkait pengelolaan keuangan negara, maka jurusan ini dapat dikatakan cocok untuk anda. Dengan menjadi mahasiswa/mahasiswi kebendaraan negara, anda juga akan mendapatkan prospek kerja yang mapan di bagian Kementrian Keuangan seperti Direktorat Jendral Anggaran, Direktorat Jendral Perbendaraan, dan lainnya yang telah disebutkan di atas.





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *