Seperti Apa Tes CAT pada SPMB PKN STAN?

Seperti Apa Tes CAT pada SPMB PKN STAN?

Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, membuka kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti SPMB PKN STAN. Sekarang, tes tertulis SPMB PKN STAN berbasis CAT. Seperti apa tes CAT pada SPMB PKN STAN?

tes CATComputer Assisted Test (CAT) yang akan dilalui peserta SPMB PKN STAN meliputi Test Kompetensi Dasar (TKD) yang terdiri dari Tes Intelegensi Umum (TIU), Test Karakteristik Pribadi (TKP), dan Test Wawasan Kebangsaan (TWK). Selain itu ada Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI).

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) ditujukan untuk menggali pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku peserta ujian yang mencakup wawasan nasional, regional, dan internasional ataupun kesanggupan lisan, kemampuan kuantitatif, kemampuan penalaran, kemampuan menyesuaikan diri, pembatasan diri, motivasi berprestasi, integritas, dan inisiatif.

Apa itu Tes Wawasan Kebangsaan?

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk mengevaluasi pengendalian pengetahuan dan kecakapan mengimplementasikan poin-poin 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang mencakup Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika serta Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu mengenai cara tata negara Indonesia, baik pada pemerintah sentra maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, kecakapan peserta dalam berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Apa itu Test Intelegensi Umum?

Pada Test Intelegensi Umum, bertujuan untuk mengevaluasi kecakapan intelegensi peserta pada 4 (empat) zona, adalah kemampuan verbal yaitu kecakapan memperkenalkan berita secara lisan maupun tertulis, kemampuan numerik yaitu kesanggupan menjalankan operasi perhitungan angka dan memperhatikan relasi diantara angka-angka, kemampuan berfikir logis dengan mengerjakan penalaran secara runtut dan sistematis serta kemampuan berpikir analitis ialah kemampuan mengurai suatu problem secara sistematik.

Apa itu Tes karakteristrik Pribadi?

Tes Karakteristik Pribadi Bertujuan untuk mengetahui kepribadian peserta pada 11 (sebelas) karakteristik, yang terdiri dari integritas diri, motivasi berprestasi, orientasi pada pelayanan, kemampuan mengikuti keadaan, kecakapan mengatur diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, keinginan dan kecakapan belajar berkelanjutan, kemampuan bekerja sama dalam golongan, kesanggupan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain, orientasi terhadap orang lain serta kreativitas dan penemuan kreatif.

Melewati Computer Assisted Test (CAT) SPMB PKN STAN, peserta akan seketika mengetahui poin atau grade yang diperolehnya usai peserta memecahkan percobaan tersebut. Untuk dapat melalui tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), peserta mesti lewat passing grade atau ambang batas nilai untuk dapat melanjutkan terhadap tahap seleksi penerimaan berikutnya.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *