8 Sekolah Kedinasan Yang Pasti Jadi Salah Satu Favorit

November 17, 2021

Para peserta didik yang sudah menjalani ujian kelulusan pasti mempunyai impian bersekolah di sekolah kedinasan. Adapun lembaga tersebut merupakan perguruan tinggi negeri dengan pengelola berupa instansi pemerintah selaku pihak mendanai sebagian atau seluruh biaya pendikannya dalam suatu sekolahnya.

Lembaga pendidikan ini juga dikenal sebagai PTK atau Perguruan Tinggi Kedinasan. Terkenal dengan istilah sekolahan lantaran sebagian besar lembaga PTK adalah sekolah tinggi misalnya STAN, atau STIS. Sekarang, nama-nama jenjang pendidikanya pun banyak yang mengalami perubahan contohnya Politeknik STAN atau PKN STIS. Perhatikan juga artikel terkait tes IPDN dalam aspek inovasi peserta ini ya.

8 Sekolah Kedinasan Yang Pasti Jadi Salah Satu Favorit

sekolah kedinasan
sekolah kedinasan

Formasi Berbeda Di Sekolah Kedinasan

Menjadi peserta didik dalam lembaga pendidikan tersebut tentu menjadi pilihan utama bagi calon mahasiswa maupun mahasiswi dengan impian melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Pasalnya dengan mengenyam ilmu melalui jenis sekolahan ini akan memperbesar peluang Anda dapat bekerja dalam kantor Pemerintahan. Bahkan hasil lulusannya otomatis menjadi CPNS yakni Calon Pegawai Negeri Sipil.

Ini Dia Formasi Dalam Sekolah Kedinasan

Perlu Anda ketahui terdapat foRmasi masing-masing lembaga pendidikan tersebut yang terbagi dalam tempat tersendiri. Hal ini penting calon peserta didik ketahui sehingga lebih berpeluang besar berhasil diterima.

Politeknik Keuangan Negara atau PKN STAN

Pertama ada STAN yang sudah berdiri sejak tahun 1952 silam dan sering disebut dengan nama PKN STAN atau bisa juga Politeknik Keuangan Negara. Bukan hanya itu, lembaga pendidikan tersebut menjadi salah satu sekolahan terbaik serta terfavorit tiap tahunnya. Adapun sekolah tersebut merupakan pendidikan tinggi bidang kedinasan di bawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan milik Kemenkeu RI.

Sekolah tersebut begitu menggaet atensi calon mahasiswa baru lantaran selama masa pendidikannya tak ada biaya, tidak terdapat asrama bahkan langsung termasuk salah satu CPNS. Sementara formasi yang terdapat di STAN mencapai 275.

Politeknik Statistika

Lembaga pendidikan satu ini cocok bagi Anda yang menyukai dunia matematika, data, komputer serta statistic. Lulusan dari Politeknik STIS nantinya mendapat gelar sebagai S.ST maksudnya adalah Sarjana Sains Terapan. Sekolah tersebut adalah perguruan tinggi jenis kedinasan dengan pengelola Badan Pusat Statistik dari tahun 1958 silam. Sementara jumlah formasinya mencapai 600.

Akademi Kepolisian

Berikutnya ada Akpol yakni lembaga pendidikan tinggi guna meluluskan maupun mencetak para POLRI. Proses pendidkannya berlangsung di kawasan Semarang Jawa Tengah. Formasi dalam Akademi Kepolisian sebanyak 1.035.

Institut Pemerintahanan Dalam Negeri

IPDN yaitu sekolah tinggi kedinasan dalam lingkungan Departemen Dalam Negeri tanah air dengan tujuan guna mempersiapkan kader pihak pemerintah baik tingkatan pusat ataupun daerah. Formasi IPDN mencapai 1.164.

STMKG

Adapun STMKG merupakan jenis lembaga pengajaran kedinasan yang bernaung di bawah BMKG dengan jumlah formasi mencapai 265.

Poltek SSN

Bagi Anda yang suka dengan dunia internet maupun keamanan tentu saja Poltek SSN menjadi pilihan paling tepat. Untuk segi formasinya sendiri mencapai 100.

STIN

STIN merupakan tempat pembelajaran yang bernaung di bawah Badan Intelijen Negara dengan letak kampus kawasan Sentul Bogor. Sementara itu, angka formasinya hingga 250.

STTD

Terakhir ada STTD yaitu perguran tinggi dalam lingkungan Kemenhub dengan penyelenggaraan pendidikan berbasis vokasi dan akademik di bidang transportasi jenis darat. Jumlah untuk formasinya pun sampai 912. Perhatikan juga artikel terkait aspek integritas peserta dan 6 sistem penilaiannya ini ya.

Agar Anda bisa masuk dalam formasi masing-masing sekolah kedinasan tersebut, bisa mengupayakan dengan pembelajaran tambahan bersama newtonsix.com.Sehingga seleksi pendaftaran dapat berjalan mudah dan lolos seleksinya.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.