Sekolah Kedinasan selain PKN STAN yang WAJIB Kamu Ketahui Bersama Bimbel Terbaik

June 27, 2022

Perguruan tinggi kedinasan atau biasa disebut dengan sekolah kedinasan adalah lembaga pendidikan seperti halnya dengan perguruan tinggi negeri yang lain yang dikelola oleh kementerian juga non kementerian untuk proses penyelenggaraannya. Sebelumnya baca dulu tentang Sekolah Kedinasan selain PKN STAN yang WAJIB Kamu Ketahui Bersama Bimbel Terbaik ini.

Perguruan tinggi kedinasan memiliki ikatan dinas untuk peserta didiknya sehingga para lulusannya memiliki kewajiban dan kesempatan untuk langsung bekerja di berbagai badan, organisasi, kementrian, atau lembaga pemerintah yang menyelenggarakan atau menaungi. Akan tetapi, terdapat juga perguruan tinggi kedinasan yang berstatus non ikatan.

Sekolah Kedinasan selain PKN STAN

Lulusannya tidak perlu bekerja langsung setelah lulus dan di tempat yang sudah ditentukan, tetapi hanya mendapat ijazah sepertinya halnya mahasiswa dari perguruan tinggi negeri untuk melamar di perusahaan pemerintah maupun non pemerintah. Selain sekolah PKN STAN yang sangat terkenal, terdapat berbagai sekolah dinas yang tak kalah bagusnya.

Tujuh Sekolah Kedinasan Selain PKN STAN

IPDN

Institut Pemerintahan Dalam Negeri ini berada di kota yang mendapat julukan Kota Kembang, yaitu Kota Bandung. Lulusan kampus ini tentu saja nantinya akan langsung bekerja di lembaga, badan, organisasi, kementrian, atau institusi pemerintah dan berstatus sebagai CPNS.

Program studi atau jurusan yang ditawarkan di sekolah dinas ini antara lain, kebijakan pemerintah. Manajemen keuangan, manajemen SDM, politik dan pemerintahan, kebijakan pembangunan, manajemen pemerintahan, dan manajemen pembangunan.

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik atau Disingkat dengan STIS

Sekolah dinas ini sangat sesuai untuk kamu yang suka dengan, atau pelajaran matematika, statistik, atau mata pelajaran hitungan yang lain. Sama halnya dengan sekolah dinas yang lain, kamu akan mendapat kesempatan lebih besar untuk menjadi CPNS jika bersekolah di salah satu sekolah kedinasan ini.

Program studi yang ditawarkan tentu saja hanya sedikit karena berfokus pada mata pelajaran hitung saja, yaitu statistika dan komputasi statistika. Komputasi statistika akan lebih sesuai jika kamu juga berminat pada bidang ilmu komputer atau teknologi informatika. Baca juga tentang syarat lolos nilai mati sekolah kedinasan 2022 yang bisa memberikan Info.

Sekolah Kedinasan Selain PKN STAN yang Tak Kalah Uniknya

STIN atau Sekolah Tinggi Intelijen Negara adalah sekolah yang sangat unik sekaligus sangat dibutuhkan untuk negara ini sekarang. Hal ini karena sekolah dinas ini mengajarkan berbagai bidang ilmu untuk menjadi agen atau intelijen. Tentu saja lulusannya sangat berguna untuk negara dalam mempertahankan keamanan dan ketertiban.

STMKG

Sekolah yang mempelajari berbagai hal terkait meteorologi dan geofisika ini disingkat menjadi STMKG. Sekolah Tinggi Meteorologi dan Geofisika, sesuai dengan bidang yang dipelajari, sekolah dinas yang satu ini dinaungi oleh BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Sama halnya dengan sekolah dinas lain, kamu dapat menjadi CPNS ketika telah lulus.

Sekolah Belajar Siber dan Sandi

Sekolah dinas yang satu ini tak kalah beda dari yang lain. Badan Siber dan Sandi Negara atau yang disebut sebagai Politeknik Sandi Siber Negara adalah sekolah dinas di bawah naungan kementriahn pertahanan dan keamanan.

Lebih jelasnya, kementerian badan intelijen negara. SSN memiliki jenjang pendidikan untuk D4 atau Diploma IV. Selain itu, jika kamu lulus pada ujian masuk STSN, kamu akan mendapat fasilitas asrama dan biaya kuliah gratis dari masa studi awal hingga akhir.

Sekolah dinas oleh Kementerian Perhubungan

Terdapat berbagai jenis sekolah dinas yang dinaungi oleh kementerian perhubungan, diantaranya adalah poltek transportasi darat, perkeretaapian, keselamatan transportasi jalan, ilmu pelayaran, transportasi sungai danau penyeberangan, dan penerbangan.

Untuk daerahnya sendiri di tempat yang berbeda-beda, diantaranya adalah daerah Madiun, Tegal, Palembang, Bali, Jakarta, Makassar, Surabaya, Semarang, Sumatra barat, Banten, Aceh, Barombong, Curug, Medan, dan Jayapura.

Sekolah Dinas oleh Kementerian Hukum dan HAM

Sekolah yang juga dapat menjadikan lulusannya CPNS adalah politeknik Imigrasi dan Politeknik Pemasyarakatan yang dinaungi oleh kementerian hukum dan HAM.

Itulah tujuh sekolah kedinasan selain PKN STAN yang tak kalah hebat dan uniknya. Semoga bermanfaat

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.