Ini Dia 10 Perbedaan Sekolah Kedinasan Dengan Sekolah Ikatan Dinas

April 17, 2021

Ini Dia 10 Perbedaan Sekolah Kedinasan Dengan Sekolah Ikatan Dinas!  Ketika mendengar atau pun membaca judul tersebut, secara tidak langsung menjelaskan jika masih banyak yang kebingungan dengan perbedaan di antara keduanya. Sehingga keberadaan artikel ini akan menguraikan mengenai perbedaan tersebut. Yang mana tentunya keduanya memiliki perbedaan.Hal tersebut bertujuan agar orang tidak bingung dan juga keliru untuk memahami atau pun mengartikan perbedaan keduanya.

Sekolah kedinasan dan sekolah ikatan dinas jelas saja mempunyai perbedaan. Di samping semua itu juga supaya menjadi titik terang atau sebagai jawaban dari pertanyaan sebagian orang yang belum paham. Berbicara mengenai sekolah kedinasan yaitu sebuah perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Lembaga Pemerintah. Umumnya sebagian atau malah semua biaya yang menanggung dari lembaga tersebut. Sementara, kalau Ikatan Dinas yaitu sekolah kedinasan yang mana nantinya alumni dari sekolah kedinasan akan diangkat menjadi bagian atau pegawai dari lembaga atau badan yang menaunginya.

sekolah kedinasan dengan sekolah ikatan dinas
sekolah kedinasan dengan sekolah ikatan dinas

Nah, inilah penjelasan dari 10 perbedaan sekolah kedinasan dengan sekolah ikatan dinas !

Dari Segi Status

Nah, pertama yang begitu jelas yaitu dilihat dari status keduanya. sekolah kedinasan itu merupakan perguruan tinggi yang sebagian atau seluruh dari biayanya ditanggung oleh badan/lembaga/pemerintah yang menaunginya. Kalau Ikatan Dinas lebih mengarah pada status kelangsungan masa depan alumni. Biasanya alumni dari Ikatan Dinas tersebut akan diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara.

sekolah kedinasan dengan sekolah ikatan dinas Dari segi peluang

Kedua, dari masing-masing tersebut nantinya mereka tetap saja mempunyai peluang untuk bekerja di bawah lembaga/kementrian/badan yang menaunginya.

Hanya saja untuk yang bukan Ikatan Dinas tak bisa langsung menjadi pegawai Aparatur Sipil Negara. Ketika ingin menjadi ASN harus melalui pendaftaran CPNS. simak juga tentang jurusan PKN STAN

Berbeda dengan yang memang Ikatan Dinas akan langsung diangkat sebagai ASN di bawah lembaga yang menaunginya. Jadi ini bagian dari perbedaan kedua sekolah tersebut

Dari segi Ijazah

Ketiga, Untuk yang berstatus sebagai mahasiswi non Ikatan Dinas akan diberikan ijazah. Itu sama seperti lulusan dari perguruan tinggi negeri maupun yang swasta.

Biaya sekolah kedinasan dan sekolah ikatan dinas

Nah keempat, berikutnya untuk sekolah kedinasan yang berstatus Ikatan Dinas nantinya biaya akan ditanggung oleh badan yang menaunginya. Bisa separuh atau malah seluruh biaya kuliah. Kadang malah ada yang sampai mendapat uang saku di tiap bulannya.

Jenis Sekolah Kedinasan

Kelima, Sekolah kedinasan memiliki dua jenis di antaranya yaitu di antaranya sekolah dinas dengan ikatan dinas tak seratus persen. Dan ikatan dinas seratus persen. Yang mana keduanya tentu saja berbeda dalam biaya kuliahnya.

Waktu Study

Keenam, waktu yang ditempuh atau durasi yang dibutuhkan untuk lulus atau diberlakukannya ikatan dinas ketika lulus bisa langsung bekerja. Itulah perbedaan kedua sekolah kedinasan dengan sekolah ikatan dinas.

Untuk Ikatan Dinas 100 persen

Ketujuh, jadi seperti yang dijabarkan di atas kalau ikatan dinas 100 persen itu, akan mendapatkan akomodasi uang saku, kuliah gratis, langsung bekerja setelah lulus, dan juga mendapatkan tunjungan pada setiap bulannya.

Ikatan Dinas Bukan 100 Persen

Kedelapan, nah untuk poin ini nantinya alumni yang sudah lulus diangkat menjadi ASN lewat jalur tes CPNS terlebih dulu.

Biaya Kuliah sekolah kedinasan dan sekolah ikatan dinas

Nah, perbedaan kesembilan ini jelas saja berbeda untuk masalah biaya dari masing-masing. Pasalnya ada yang gratis dan malah mendapat pesangon atau uang saku tiap bulannya.

Lulusannya

Sementara yang terakhir seperti yang pernah dicuplik jika untuk keduanya sama sama mempunyai peluang kerja. Namun tetap saja yang 100 persen ikatan dinas akan langsung diangkat sebagai pegawai, sementara yang non ikatan dinas melalui tahapan tes.Nah, jadi itulah perbedaan dari sekolah kedinasan dan sekolah ikatan dinas.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.