Sejarah dan Lokasi PKN STAN

Lokasi PKN STAN ada dimana ya? Pertanyaan tersebut tentu sering terlontar dari beberapa calon mahasiswa atau para orang tua yang belum mengetahui lebih tentang kampus tersebut. Sebelum mengetahui lokasi kampus PKN STAN, lebih baik mengenal terlebih dahulu sejarah berdirinya PKN STAN.

PKN STAN

Ketahui Sejarah Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN

PKN STAN merupakan sebuah sekolah pendidikan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesiadan. Menurut catatan sumber, PKN STAN berdiri sejak tahun 1952, namun saat itu berdiri dengan nama Kursus Djabatan Ajun Akuntan (KDAA). Pada tahun 1957, berganti nama menjadi Akademi Pajak dan Pabean (AP2). Kemudian berganti lagi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara (STIKN) pada tahun 1959. Di tahun 1967, muncul Institut Ilmu Keuangan (IIK) sebagai peleburan dari STIKN, ATN, dan ADPK namun bubar pada tahun 1975. Barulah mulai tahun 1975 hadir Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). 

Setelah 40 tahun berdiri dengan nama STAN, pada tahun 2015 keluar Peraturan Menteri Keuangan RI No. 137/PMK.01/ 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN dan mengubah nama STAN menjadi Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN. Dan nama PKN STAN masih menjadi primadona hingga saat ini.

Dimana Lokasi Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN?

PKN STAN tidak hanya berada di Bintaro saja, namun menyebar di beberapa kota di Indonesia. Namun untuk lokasi pusatnya berada di Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya Tangerang Selatan, Banten, Indonesia 15222. Disini, kegiatan perkuliahan diadakan untuk prodi D3, D4, dan sebagian D1.

Kemudian penyelenggaraan kegiatan perkuliahan D1 selebihnya berada di Balai Diklat Keuangan yang ada di Malang, Manado, Cimahi, dan sebagainya.

Namun, mulai tahun ajaran 2017/2018, kegiatan perkuliahan di luar daerah tidak lagi dilaksanakan. Mulai tahun ajaran tersebut, kegiatan perkuliahan hanya terpusat di kampus PKN STAN Bintaro.

Selama pendidikan berlangsung, semua mahasiswa bebas tanggungan alias tidak akan dipungut biaya pendidikan. Dengan demikian, tentu akan menguntungkan dan meringankan bagi setiap mahasiswanya. Selain masa depan yang sudah terjamin, pengeluaran biaya sekolah pun tidak akan terlalu banyak. Kemudian ketika mahasiswa STAN berhasil lulus, maka gelar CPNS pun telah disandang. Setelah itu akan ditempatkan pada instansi-instansi lingkungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia serta instansi pemerintah lainnya, entah itu yang dipusat ataupun daerah, sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Demikian sejarah dan lokasi PKN STAN. Ada baiknya sebelum kalian mendaftar PKN STAN, kalian lebih dahulu mengetahui sejarah singkat serta lokasi PKN STAN.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *