16 Persyaratan Umum Yang WAJIB Kamu Ketahui Sebelum Mendaftar STIN

May 8, 2022

STIN atau Sekolah Tinggi Intelijen Negara merupakan salah satu sekolah kedinasan di Indonesia yang berada di bawah naungan BIN. Sebelum Mendaftar STIN kamu perlu mengetahui beberapa jenis persyaratan wajib yang diperlukan terlebih dahulu.

Sesuai namanya, STIN merupakan perguruan tinggi yang memiliki tujuan untuk menciptakan kader-kader terbaik agar bisa menjadi intelijen. Nantinya lulusan-lulusan dari sekolah ini akan mendapatkan tempat sebagai anggota BIN ataupun di organisasi tertentu.

Meskipun belum sepopuler seperti STAN ataupun STIS, namun jumlah peminat sekolah tinggi yang satu ini tetap tinggi setiap tahunnya. Sehingga kamu perlu benar-benar mempersiapkan diri dengan baik sebelum mendaftar STIN agar bisa diterima.

Sebelum Mendaftar STIN
Sebelum Mendaftar STIN

Persyaratan Umum Sebelum Mendaftar STIN Dan Tahapan Seleksinya

Seperti sekolah tinggi kedinasan lainnya, STIN juga akan menerapkan beberapa persyaratan tertentu bagi para siswa dan siswi yang ingin mendaftar di perguruan tinggi tersebut. Persyaratannya pun terbilang cukup ketat karena ingin menjaring siswa-siswa terbaik untuk menjadi anggota intelijen. Simak juga tentang perbedaan STAN dan STIS supaya tidak salah memilih.

16 Persyaratan Umum Sebelum Mendaftar STIN

Bagi Anda yang bertanya-tanya mengenai apa saja persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mendaftar STIN, berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Pendaftar merupakan warga negara Indonesia
  2. Beriman dan juga bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
  3. Setia kepada NKRI dengan dasar negara Pancasila dan juga UUD 1945.
  4. Usia minimal pada saat pendaftaran adalah 16 tahun dan maksimal 20 tahun yang dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir.
  5. Memiliki ijazah serendah-rendahnya adalah SMA/SMK/MA Sederajat dengan rata-rata nilai ijazah minimal 70.
  6. Bukan merupakan lulusan Paket A, B, dan C. Untuk SMA/SMAK lulusan tahun 2020 maka nilai rapor dari semester 1 hingga 5 minimal 70.
  7. Belum pernah menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIN hingga nantinya diangkat menjadi PNS.
  8. Bagi pendaftar perempuan belum pernah melahirkan dan bagi pria belum pernah memiliki anak biologis.
  9. Tidak bertato dan tidak memiliki bekas tato serta tidak bertindik terutama pada bagian tubuh yang tidak lazim bagi wanita. Sedangkan untuk pria tidak bertato dan tidak mempunyai bekas tato dan tidak bertindik di bagian tubuh manapun.
  10. Sehat jasmani dan juga rohani.
  11. Memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan minimal 155 cm untuk wanita.
  12. Tidak sedang memiliki atau menjalin ikatan dinas atau pekerjaan dengan perusahaan atau instansi lain.
  13. Siap ditempatkan dimana saja sesuai ruang lingkup BIN.
  14. Apabila peserta mengundurkan diri atas kemauan diri sendiri selama mengikuti pendidikan maka harus bersedia memberikan ganti rugi kepada negara.
  15. Bersedia mengikuti seluruh rangkaian prosesi seleksi.
  16. Melengkapi berkas-berkas pendaftaran secara lengkap dan benar sesuai data-data yang ada.

Itulah beberapa persyaratan umum yang perlu dipertimbangkan  sebelum mendaftar STIN.

Tahapan Seleksi STIN

Proses seleksi di STIN melibatkan alur yang terbilang cukup panjang dengan berbagai tahapan di dalamnya. Beberapa jenis tahapan seleksi yang perlu Anda ikuti antara lain adalah seleksi administrasi, seleksi kemampuan dasar, dan juga seleksi kompetensi bidang sebelum akhirnya dinyatakan lulus ujian.

Itulah pembahasan lengkap mengenai persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh calon siswa sebelum mendaftar STIN. Kini dengan adanya pembahasan tersebut Anda tidak perlu lagi merasa kebingungan kalau ingin melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Intelijen Negara ini.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.