Sudah Pengumuman, Ini Dia Score Tertinggi SKD IPDN dan Score Terendahnya

July 30, 2022

Rangkaian pendaftaran IPDN 2022/ 2023 telah ditutup, dan bahkan SKD pun telah selesai digelar. Peserta calon Praja IPDN tengah menunggu hasil score tertinggi SKD IPDN dan score terendahnya. Menurut info di laman resmi IPDN pengumuman 22 Juni 2022.

SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) IPDN telah dilaksanakan pada 30 Mei hingga 15 Juni 2022 lalu di daerah peserta masing-masing. Namun, yang menjadi penasaran bersama adalah score yang tertinggi dan terendah yang diperoleh peserta Praja IPDN.

Score Tertinggi SKD IPDN 2022/ 2023

Peserta Praja IPDN yang lulus serangkaian seleksi berkas dan SKD, pasti penasaran terhadap score tertinggi yang diperoleh saat Seleksi Kompetensi Dasar. Proses tes yang dilakukan secara online membuat semua nilai dari masing-masing peserta langsung diketahui.

Sehingga, setiap peserta bisa memprediksi sendiri kelulusannya, tapi kondisi akan berbeda saat ambang batas tertinggi keluar, sehingga nilai tetap tidak bisa dinyatakan lulus apabila ditemukan nilai yang lebih tinggi tersebut.

Score tertinggi SKD IPDN dan score terendahnya memang sangat mempengaruhi ketentuan kelulusan. Banyak yang gugur, ketika didapati nilai tinggi di atas miliknya. Ini membuat persaingan untuk diterima sebagai Praja IPDN 2022/ 2023 semakin sulit.

Apalagi perjuangan tidak berhenti ketika dinyatakan lulus SKD IPDN 2022/ 2023. Masih ada tes kesehatan, psikologi, integritas, dan kejujuran yang juga mempengaruhi peserta akan gugur atau bisa lanjut ke tahap berikutnya.

Selanjutnya, ada pantukhir yang mengharuskan setiap peserta Praja IPDN 2022/2023 untuk verifikasi faktual dokumen persyaratan administrasi pendaftaran. Wajib mengikuti tes kesehatan tahap II. Disusul dengan tes kesamptaan dan pemeriksaan penampilan.

Score tertinggi SKD IPDN dan score terendahnya berdasarkan data tahun lalu berada di Yogyakarta dan Sulawesi Barat. Score tertinggi IPDN Yogyakarta saat itu adalah 482, yang diperoleh dari akumulasi TWK (125), TIU (165), dan TKP (192).

Sementara score tertinggi di Sulawesi Barat dari SKD IPDN tahun lalu yaitu 463. Hasil tersebut juga merupakan akumulasi dari setiap soal yang diujikan. TWK memperoleh poin 120, TIU dengan hasil 150, dan TKP 193, sehingga score tertingginya 463.

Score Terendah SKD IPDN

Score aman untuk lulus SKD IPDN 2022. 2023 ternyata belum bisa menjamin peserta dinyatakan bisa tes tahap berikutnya. Sebab, jika ditemukan peserta dengan nilai tertinggi, bisa dipastikan yang score pas-pasan tidak lulus SKD IPDN.

Score tertinggi SKD IPDN dan score terendahnya menjadi hal yang dapat diketahui setelah seluruh pengecekan selesai dilakukan. Sebab, yang ikut tes IPDN 2022/ 2023 jumlahnya sangatlah banyak, dan ada pertimbangan dari nilai TWK, TIU, dan TKP.

Jika berkaca pada SKD IPDN tahun lalu, score terendah juga ada ada pada provinsi Yogyakarta dan Sulawesi Barat. Di mana score terendah ini juga akan menyingkirkan ambang minimum yang ditentukan sebagai nilai aman.

Score terendah SKD IPDN Provinsi Yogyakarta tahun lalu yaitu 437. Penilaian tersebut dengan poin TWK 105, TIU menghasilkan 140, dan TKP mencapai 192 poin. Sementara score terendah dari Provinsi Sulawesi Barat untuk tes SKD IPD tahun lalu yaitu 399. Baca juga Pilihan Tepat Mengikuti Bimbel Stan Terbaik di Medan yang perlu ketahui.

Pemilik score terendah tersebut mengumpulkannya melalui nilai akumulasi TWK hanya 90 poin, TIU mendapatkan 120, dan TKP mencapai 189, sehingga nilainya 399. Lalu bagaimana dengan hasil yang sesuai dengan batas minimum ketetapan IPDN sebelumnya?

Score tertinggi SKD IPDN dan score terendahnya ini tentu menyingkirkan batas minimum yang telah ditetapkan sebelumnya. Sebab, score mempengaruhi peserta dapat lulus dan ikut tes berikutnya atau justru gugur, karena kalah dari poin TWK, TIU, atau TKP IPDN.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.