Satu Kewajiban yang Harus Dilakukan Alumni PKN STAN

February 27, 2022

stan goldo

Satu Kewajiban yang Harus dilakukan Alumni PKN STAN 

Alumni PKN STAN akan diitempatkan untuk bekerja yang sudah terbagi menurut Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 yang berhubungan dengan penempatan kerja di Departemen Keuangan RI. Seperti yang telah kita ketahui bahwa PKN STAN merupakan perguruan tinggi ikatan dinas yang bergerak di bidang keuangan.

PKN STAN memiliki beberapa program studi seperti, Kepabeaan dan Cukai, Kebendaharaan Negara, Pajak, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)/Penilai, serta Akuntansi. Lulusan dari PKN STAN ini sendiri nantinya akan langsung diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan harus bersedia ditempatkan dimanapun di daerah-daerah di seluruh Indonesia. Hal inilah yang banyak diinginkan oleh para siswa yang lulus SMA/sederajat untuk bisa lolos seleksi SPMB PKN STAN.

Proses Belajar di PKN STAN

Perlu diketahui bahwa untuk menempuh studi di PKN STAN ini, para calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan yang diajukan oleh pihak PKN STAN sendiri. Proses yang pertama yang harus dihadapi adalah proses pemenuhan administrasi yang berupa persyaratan untuk masuk PKN STAN.

Proses selanjutnya adalah ujian tertulis yang sudah ditentukan tanggal pelaksanaannya oleh PKN STAN. Ujian ini diadakan serentak di berbagai kota besar di Indonesia. Kemudian ada pula ujian psikotes dan ujian kesehatan dan kebugaran (UKK).

Penempatan Kerja Alumni PKN STAN 

Mahasiswa PKN STAN yang telah selesai menempuh masa studi nantinya akan langsung ditempatkan kerja di berbagai kota yang ada di Indonesia.

Berikut ini beberapa Departemen Keuangan yang nantinya akan menjadi tempat bekerja bagi alumni PKN STAN, antara lain:

  1. Setjen Kementerian Keuangan RI
  2. Direktorat Jenderal Pajak
  3. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai
  4. Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  5. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
  6. Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan RI
  7. Dan lain-lain.

Demikian beberapa Departemen Keuangan RI yang menjadi tempat untuk bekerja para alumni PKN STAN, baik di pusat maupun di daerah. Setelah selesai menempuh masa studi, alumni PKN STAN akan langsung diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.