Program Studi di PKN STAN

December 1, 2022

PKN STAN adalah singkatan dari Politeknik Keuangan Negara STAN, yang mana PKN STAN merupakan suatu perguruan tinggi yang dikelolah dan dimiliki oleh pemerintah. Pada tahun 2015 kemarin nama STAN diganti dengan PKN STAN yang mana dengan pergantian nama ini PKN STAN akan membuka program baru yaitu program doktor atau S3. Akan tetapi program doktor ini hanya khusus untuk alumni mahasiswa PKN STAN saja dan tidak untuk umum. Adapun beberapa program studi di PKN STAN yang pastinya selalu diminati para lulusan SMA/Sederajat.

Program Studi (Prodi) di PKN STAN

Ada berbagai macam program studi yang ditawarkan oleh PKN STAN, diantaranya yaitu kebendaharaan negara, akuntansi, dan sebagainya. Prodi-prodi tersebut berada di bawah naungan empat jurusan di PKN STAN. Berikut ini merupakan sedikit penjelsan tentang jurusan dan prodi yang ada di PKN STAN:

  • Jurusan Akuntansi

Di dalam jurusan ini, terdapat prodi D-III Akuntansi dan D-IV Akuntansi. Namun untuk prodi D-IV Akuntansi hanya bisa didaftari oleh lulusan PKN STAN.

  • Jurusan Pajak

Pada jurusan ini terdapat prodi D-I Pajak, D-III Pajak, dan D-III PBB/Penilai. Program studi tersebut mempelajari tentang perpajakan negara, baik dari individu, perusahaan, ataupun pajak bumi dan bangunan.

  • Jurusan Kepabeanan dan Cukai

Jurusan ini memiliki prodi D-I Kepabeanan dan Cukai serta D-III Kepabeanan dan Cukai. Prodi ini memiliki kriteria khusus bagi pendaftarnya, yakni tinggi badan laki-laki minimal 165 cm sedangkan perempuan minimal 155 cm. Maksimal mata minus/silindris/plus adalah 2 doptri.

Prodi ini bersifat semi militer, jadi mahasiswanya harus memiliki jasmani dan rohani yang sehat serta disiplin. Dan khusus perempuan hanya diperbolehkan mendaftar prodi D-I Kepabeanan dan Cukai

  • Jurusan Manajemen Keuangan

Jurusan ini terdiri dari prodi D-I Kebendaharaan Negara, D-III Manajemen Aset, dan D-III Kebendaharaan Negara. Prodi D-I hanya dilalui selama dua semester, sedangkan untuk prodi D-III selama 6 semester.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.