Profil Kampus PKN STAN

Mari sejenak mengetahui profil kampus PKN STAN. STAN berganti nama menjadi PKN STAN, tepatnya pada tanggal 15 Juli 2015 berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI No. 137/PMK.01/ 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN. PKN STAN merupakan transformasi dari sekolah kedinasan yang cukup dikenal yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Sesuai dengan Undang Undang Nomor 12 tahun 2012, bentuk tertinggi untuk pendidikan vokasi adalah Politeknik, yang dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi mulai dari jenjang Diploma I hingga Doktor (S3) Terapan. Yang mana dengan pergantian nama ini PKN STAN akan membuka program baru yaitu program doktor atau S3.

Akan tetapi tidak sembarangan yang bisa masuk program doktor dari PKN STAN karena program doktor ini hanya di khususkan untuk alumni dari PKN STAN sehingga jika ingin mengambil program doktor di PKN STAN, Anda harus mengikuti lewat jalur D1 atau D3 terlebih dahulu.

Kemajuan PKN STAN

PKN STAN sendiri merupakan singkatan dari Politeknik Keuangan Negara STAN, dimana perguruan tinggi kedinasan ini akan mempelajari tentang urusan keuangan negara. Siswa di dalam PKN STAN diwajibkan untuk bisa mengetahui keuangan yang didapatkan oleh negara maupun keuangan yang dikeluarkan oleh negara karena PKN STAN sendiri memiliki visi yaitu:

“menjadi Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia yang menghasilkan pengelola keuangan negara bereputasi internasional”.

PKN STAN juga sering mengadakan penelitian yang bertaraf tinggi yang mana tujuan dari penelitian tersebut yaitu agar para siswa bisa mengetahui keuangan yang terdapat pada negara secara mendetail. Jika Anda ingin masuk PKN STAN, Anda harus lolos seleksi terlebih dahulu yang mana seleksi yang diadakan oleh PKN STAN ini sangatlah ketat.

Selain itu didalam PKN STAN juga terdapat beberapa jurusan dan program studi. Misalnya, program studi pajak, yang berfokus untuk mengurusi pajak pendapatan dari negara. Selain itu ada pula program studi kepabeanan dan cukai yang mempelajari tentang urusan bea dan cukai di Indonesia.

Manfaat adanya PKN STAN

Setelah mengetahui profil kampus PKN STAN dan menyadari hadirnya PKN STAN, diharapkan para lulusannya mampu menjadi pengelola keuangan negara yang memiliki reputasi internasional, mampu mengelola keuangan negara dengan baik dan bijak. Dan dengan hadirnya mereka pun tata kelola pemerintahan khususnya dalam bidang keuangan semakin baik. Juga mampu memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai keuangan dari negara dan untuk negara.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *