3 Prodi Yang Ditawarkan STIS Lengkap Dengan Prospek Kerjanya

February 14, 2022

Sekarang ini jumlah peminat sekolah kedinasan STIS terbilang cukup tinggi. Hal ini semakin ditunjang dengan banyaknya prospek kerja yang bisa didapatkan dari lulusan sekolah kedinasan tersebut. Secara umum terdapat beberapa prodi yang ditawarkan STIS kepada para calon mahasiswanya.

Politeknik Statistika STIS merupakan salah satu sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS) sehingga menjadikannya sebagai salah satu sekolah tinggi yang cukup bonafit. Terlebih lulusan dari sekolah ini akan diproyeksikan menjadi bagian dari ASN.

Prodi Yang Ditawarkan STIS

Sesuai dengan namanya, prodi yang ditawarkan STIS ini merupakan program studi yang memang memiliki keterkaitan dengan ilmu statistika. Jadi jangan heran kalau program studi yang ditawarkan termasuk ke dalam kluster saintek.

Inilah 3 Prodi Yang Ditawarkan STIS Dan Prospek Kerja Lulusannya

Setelah mengetahui secara sekilas tentang profil singkat dari STIS, mungkin kamu juga bertanya-tanya mengenai program studi yang ditawarkan. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa informasi mengenai program studi utama yang ditawarkan oleh sekolah tinggi STIS.

Prodi Yang Ditawarkan STIS : Program Diploma III Statistika

Sebagai salah satu sekolah tinggi kedinasan yang berkonsentrasi dalam bidang statistik, tentu saja sekolah ini menawarkan program studi statistika. Salah satu prodi STIS ini adalah D-III Statistika dengan masa pendidikan selama 3 tahun atau setara dengan 111 SKS.

Ketika menekuni jurusan ini, kamu akan mempelajari banyak hal terkait dengan olmu statistika. Mulai dari matematika, teknik pengumpulan data, manajemen survei, analisis data, dan lain sebagainya. Sehingga hampir setiap hari kamu akan berkutat dengan data-data dan statistika. Simak juga tentang PKN STAN boleh buta warna atau tidak supaya tidak bingung lagi.

Statistika menjadi salah satu prodi ditawarkan STIS dengan tingkat persaingan cukup tinggi. Selain itu, prospek kerjanya pun terbilang cukup menjanjikan pasalnya kamu akan bisa bergabung menjadi bagian dari Badan Pusat Statistik (BPS) atau pada lingkungan dinas yang lainnya.

Program Studi Diploma IV Statistika

Selain jenjang Diploma III, sekolah tinggi kedinasan ini juga menyediakan program studi dengan jenjang Diploma IV Statistika. Untuk program studi ini, masa pendidikan yang harus ditempuh setiap siswanya adalah selama 4 tahun dengan materi pokok berupa statistik.

Pada prodi ditawarkan STIS Diploma IV inilah terdapat program peminatan ekonomi atau kependudukan. Mengingat bahwa jenjang pendidikan ini lebih tinggi dari pada D III, maka beban SKS yang harus diselesaikan pun menjadi lebih tinggi yakni 144 SKS.

Seperti pada prodi DIII Statistika, di prodi D IV ini kamu akan mendalami berbagai macam ilmu yang terkait dengan ilmu statistika. Mulai dari matematika dasar, statistika dasar, metode pengumpulan data, analisis data, dan lain sebagainya.

Setelah lulus dari prodi ditawarkan STIS ini, kamu akan diangkat menjadi CPNS dengan pangkat dan golongan III/a (Penata Muda). Secara umum, kamu akan bergabung di bawah naungan Badan Pusat Statistik.

Program Diploma IV Komputasi Statistik

Program studi lain yang juga ditawarkan oleh STIS adalah D IV komputasi statistik dengan masa pendidikan selama 4 tahun. Ketika memilih prodi ini, kamu akan berfokus pada pembelajaran terkait dengan statistika dan juga teknologi informasi.

Prodi ditawarkan STIS ini hanya ditawarkan secara khusus bagi para calon siswa yang mengambil program IPA di masa SMA. Sebab ilmu-ilmu yang ada di dalamnya merupakan bagian dari materi ilmu kluster saintek.

Seperti pada dua prodi sebelumnya, prospek lulusan dari jurusan ini adalah menjadi CPNS. Para lulusan sekolah tinggi ini akan diangkat menjadi CPNS dengan golongan III/a (Penata Muda). Umumnya kamu akan ditempatkan pada instansi yang menaungi sekolah tinggi ini yakni BPS.

Itulah ulasan lengkap mengenai beberapa prodi yang ditawarkan STIS yang perlu kamu ketahui. Kini dengan adanya pembahasan tersebut, kamu tidak perlu bingung lagi dengan program apaa saja yang ditawarkan oleh STIS.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.