4 Prodi STMKG Dan Prospek Kerja Yang WAJIB Kamu Tahu

March 13, 2022

Salah satu sekolah kedinasan yang juga tidak kalah populer diincar banyak calon siswa adalah STMKG. Sebagai salah satu sekolah kedinasan, prodi STMKG termasuk program studi saintek yang cukup strategis dan potensial. Terutama untuk menunjang perjalanan karir Anda di dalam sektor dinas.

STMKG atau Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merupakan sekolah kedinasan yang berafiliasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Sehingga wajar jika program studi yang ditawarkan pun lebih banyak berkaitan dengan bidang tersebut.

Prodi STMKG

Secara umum, hingga saat ini hanya terdapat 4 pilihan prodi STMKG yang disediakan. Masing-masing program studi tentunya memiliki konsentrasi, peminat dan juga jumlah siswa yang berbeda sesuai dengan preferensi masing-masing calon pendaftar.

Inilah 4 Prodi STMKG Yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang tertarik melanjutkan pendidikan di STMKG, berikut adalah beberapa pilihan program studi yang tersedia di sekolah tersebut.

Prodi STMKG : Meteorologi

Salah satu prodi STMKG yang bisa Anda pilih di sekolah kedinasan ini adalah Meteorologi. Ketika mengambil jurusan ini, nantinya Anda akan mempelajari berbagai ilmu dan pengetahuan terkait dengan berbagai hal yang berhubungan dengan dunia meteorologi.

Selain menguasai unsur-unsur kompetensi yang terkait dunia meteorologi, para lulusannya pun diharapkan bisa melakukan kajian yang terkait meteorologi di Indonesia. Sehingga para lulusan tersebut diharapkan bisa memberikan sumbangsih pada perkembangan ilmu meteorologi di Indonesia.

Secara umum, prodi STMKG ini memiliki prospek kerja yang terbilang cukup menjanjikan di masa mendatang. Sebagai salah satu sekolah kedinasan terbaik, Anda berpotensi untuk bisa bergabung dengan badan BMKG di berbagai wilayah tugas di Indonesia.

Program Studi Klimatologi

Pilihan program studi berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan jika ingin masuk ke STMKG adalah Klimatologi. Sesuai namanya, jurusan ini akan mempelajari lebih banyak terkait dengan cuaca dan juga perubahan iklim yang ada di berbagai wilayah Indonesia.

Setiap lulusan program studi ini diharapkan bisa memiliki kompetensi pengamatan pada unsur-unsur klimatologi secara luas. Sehingga bisa mengembangkan kompetensi sesuai dengan yang diajarkan selama menekuni pendidikan klimatologi di prodi STMKG.

Prospek kerja para lulusan jurusan ini pun sebenarnya tidak kalah mentereng dengan jurusan program studi lainnya. Salah satu profesi yang paling banyak bisa Anda tekuni dari lulusan ini adalah bergabung dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika untuk melakukan pengamatan klimatologi.

Program Studi Geofisika

Prodi STMKG yang juga tidak kalah potensial untuk ditekuni adalah Geofisika. Program studi ini akan mengajarkan pada siswanya mengenai berbagai ilmu yang terkait dengan kebumian dan juga geofisika. Termasuk di dalamnya juga bisa mempelajari berbagai fenomena yang ada di lingkungan bumi.

Geofisika sendiri sebenarnya memiliki ranah kerja yang terbilang sangat luas. Selain bergabung menjadi bagian dari BMKG untuk melakukan kajian Geofisika, Anda juga bisa memilih profesi lainnya. Misalnya dengan bergabung di kedinasan lain seperti mineral dan pertambangan. Simak juga tentang perbedaan poltekim dan poltekip supaya tidak bingung.

Program Studi Instrumentasi di STMKG

Prodi STMKG yang berikutnya perlu Anda ketahui adalah instrumentasi. Sesuai namanya, program studi ini akan lebih banyak mengkaji tentang berbagai jenis pengetahuan terkait instrumentasi yang berkaitan dengan BMKG.

Meski terdengar sedikit asing, namun program studi ini mempunyai prospek kerja yang terbilang cukup menjanjikan di masa depan. Selain bisa bergabung dengan badan kedinasan seperti BMKG, Anda juga bisa menekuni profesi bidang lain seperti BNPT atau yang lainnya.

Itulah pembahasan lengkap mengenai 4 prodi STMKG yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya pembahasan tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi kalau terkait pilihan program studi yang ada di STMKG.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.