Sebelum Mendaftar, Ketahui 3. 3 Jurusan dan Kuota POLSTAT STIS 2022

September 22, 2022

Salah satu sekolah kedinasan yang menerima pendaftaran mahasiswa baru tahun 2022 adalah POLSTAT STIS atau Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. Kamu bisa melakukan pendaftaran melalui laman https://dikdin.bkn.go.id.

Jurusan di POLSTAT STIS yang Bisa Kamu Pilih dan Kuota Penerimaan 2022

Buat kamu yang lulusan SMA/MA Peminatan MIPA/IPS dan juga SMK/MAK Peminatan Teknik Komputer dan Informatika bisa mengambil peluang emas menjadi ASN dengan cara mendaftar di salah satu jurusan Politeknik Statistika STIS.

Dari tiga jurusan yang ada, total kuota penerimaan mahasiswa baru yang dibutuhkan untuk tahun 2022 ini adalah sebanyak 500 mahasiswa. Apa saja jurusan yang bisa kamu pilih di STIS? Berikut ulasannya. 

D3 Statistika

Jurusan pertama yang bisa kamu pilih saat mendaftar di POLSTAT STIS adalah D3 Statistika. Bobot program studi (prodi) yang dibebankan kepada mahasiswa sebanyak 111 SKS yang harus ditempuh dalam waktu tiga tahun.

Prodi tersebut mencakup 42 mata kuliah yang terdiri dari kuliah secara teori dan praktikum, ujian komprehensif, praktek kerja di lapangan, dan tugas akhir dengan komposisi 35% teori dan 65% praktikum.

Pada jurusan ini berlaku sistem drop out (DO) yang berlaku setiap akhir semester I dan II. Jadi, jangan sampai malas belajar dan mendapat nilai di bawah minimum yang telah ditentukan jika tidak ingin dikeluarkan dari STIS.

Mahasiswa yang dinyatakan lulus dari D3 Statistika ini akan mendapat gelar Ahli Madya Statistik (A.Md.Stat).

Nantinya, mereka akan mendapat status ikatan dinas di BPS dan diangkat menjadi CPNS golongan II-C. Untuk penempatannya diutamakan di tingkat Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia.

Buat kamu yang lulus D3 Statistika ini akan diproyeksikan sebagai KSK (Koordinator Statistik Kecamatan) dan berpeluang menjadi ujung tombak dari segala kegiatan statistik di BPS. Baca juga daftar STIN yang perlu di ketahui.

Jurusan D4 Statistika di POLSTAT STIS

Alternatif jurusan kedua yang bisa kamu pilih di STIS agar bisa bekerja di kantor BPS adalah D4 Statistika.Bobot program studi (prodi) yang harus diselesaikan adalah sebanyak 145 SKS dengan komposisi 40% teori dan 60% praktikum.

Mata kuliahnya terdiri dari Aljabar Linear, Kalkulus, dan Analisis Data Eksploratif. Jurusan ini terbagi menjadi dua peminatan yaitu Statistika Sosial dan Kependudukan dan juga Statistika Ekonomi.

Di tahun pertama, kamu harus mencapai nilai minimum yang sudah ditetapkan jika tidak ingin di-DO karena jurusan ini menganut sistem drop out seperti halnya jurusan D3 Statistika.

Selain itu, POLSTAT STIS jurusan D4 Statistika juga berlaku ikatan dinas dan akan diangkat menjadi CPNS di kantor BPS dengan penempatan seluruh wilayah di Indonesia jika berhasil lulus dan gelar yang akan kamu peroleh adalah Sarjana Terapan Statistik (S.Tr.Stat).

D4 Komputasi Statistik

Jurusan terakhir di STIS yang bisa kamu pilih saat melakukan pendaftaran adalah D4 Komputasi Statistik yang memiliki bobot 144 SKS. Jika berhasil lulus, kamu akan mendapat gelar Sarjana Terapan Statistik (S.Tr.Stat).

Mata kuliah yang kamu pelajari di jurusan ini adalah yang berkaitan dengan pemrograman dan jaringan komputer serta pengolahan data yang dikombinasikan dengan metode statistik dan algoritma data mining.

Selain itu, kamu juga berhak menjalani ikatan dinas di kantor BPS dengan penempatan di seluruh wilayah Indonesia, baik untuk wilayah pusat, provinsi, maupun di lembaga lain yang sesuai dengan penempatannya.

Dengan kuota yang hanya 500 tersebut, kamu harus bersaing dengan ribuan calon mahasiswa lainnya agar bisa masuk ke salah satu dari 3 jurusan yang tersedia di POLSTAT STIS. Jadi, pastikan kamu memilih jurusan yang tepat agar bisa lolos seleksi. 

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.