Politeknik Keuangan Negara STAN Jurusan Bea Cukai Semi Militer

Screenshot_30

Politeknik Keuangan Negara STAN Jurusan Bea Cukai Semi Militer

Politeknik Keuangan Negara STAN jurusan Bea Cukai lebih banyak diminati oleh mahasiswa karena pendidikannya bersifat semi militer. Ini artinya, di samping pembelajaran konvensional di dalam ruangan seperti umumnya proses belajar mengajar, mahasiswa juga akan menerima pendidikan militer walau jumlahnya tidak terlalu banyak. Tujuan dari diadakannya pendidikan semi militer adalah karena beratnya resiko bekerja sebagai petugas bea dan cukai. Salah satu tugasnya ialah menangkap penyelundup yang sering kali memasukkan  barang-barang ilegal ke Indonesia, mulai dari narkoba, barang-barang elektronik hingga hewan-hewan dilindungi. Penempatan lulusan biasanya ditempatkan di sekitar wilayah bandara serta pelabuhan yang memang sering menjadi tempat masuknya barang-barang illegal ke Indonesia.

Politeknik Keuangan Negara STAN Jurusan Bea Cukai Masa Pendidikan

Untuk jurusan Kepabeanan dan Cukai, terdapat dua Program Diploma atau Prodip, yaitu Prodip I dan Prodip III. Untuk Prodip I lama masa pendidikannya adalah satu tahun yang terdiri total dari dua semester. Sementara khusus untuk Prodip III lama masa pendidikan yang harus ditempuh ialah tiga tahun dengan enam semester. Beban SKS yang harus ditanggung mahasiswa Prodip I sebanyak empat puluh sampai dengan lima puluh SKS. Untuk Prodip III, beban SKS yang harus ditanggug ialah seratus sepuluh sampai dengan seratus dua puluh SKS. Tempat pendidikan Prodip I terbagi ke delapan wilayah sementara untuk Prodip III hanya di kampus pusat PKN STAN Bintaro, Tangerang.

Politeknik Keuangan Negara STAN Jurusan Bea Cukai Penempatan Lulusan

Lulusan PKN STAN dari jurusan Bea dan Cukai umumnya akan mendapat penempatan di Kantor Pusat Ditjen Bea dan Cukai atau DJBC. Salah satu tugasnya adalah memperlancar arus barang impor serta mendorong adanya peningkatan ekspor. Selain kantor pusat, lulusan Bea dan Cukai dari PKN STAN juga bisa ditempatkan di kanwil atau kantor wilayah dari DJBC. Kantor lain yang bisa menjadi lokasi ditempatkannya lulusan STAN khusus untuk jurusan Bea Cukai ialah KPPBC, Kantor Pembantu Pelayanan Bea Cukai, Pos Pengawasan Bea Cukai, Pangsarops BC hingga BPIB. Demikian informasi mengenai Politeknik Keuangan Negara STAN jurusan Bea Cukai.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *