Politeknik Keuangan Negara STAN Jawa Timur dan Prodipnya

Screenshot_19

Politeknik Keuangan Negara STAN Jawa Timur dan Prodipnya

Politeknik Keuangan Negara STAN Jawa Timur merupakan institusi pendidikan yang berstatus ikatan dinas. Ini artinya, lulusan STAN nantinya dapat langsung bekerja di berbagai instansi pemerintahan yang berada di lingkup Kemenkeu, seperti Dirjen Pajak, Ditjen Anggaran, DJBC, dan lain sebagainya. Sebagai ikatan dinas, mahasiswa STAN juga diharuskan untuk menaati tiap peraturan yang berlaku di kampus serta dibebaskan dari biaya kuliah per semesternya. Mahasiswa hanya diharuskan untuk membayar biaya pendaftaran, biaya kelembagaan serta biaya wisuda. PKN STAN sendiri terdiri atas beberapa porgram diploma atau prodip beserta dengan spesialisasi yang berbeda dan tentu saja penempatan kerja yang tidak sama.

Politeknik Keuangan Negara STAN Jawa Timur Program Diploma I

Untuk Program Diploma I atau Prodip I, terdapat tiga spesialisasi yaitu Bea dan Cukai, Kebendaharaan Negara serta Pajak. Lama waktu kuliah ialah dua semester dan harus selesai dalam jangka waktu dua tahun. Beban studi yang harus diselesaikan mahasiswa ialah sebanyak empat puluh sampai dengan lima puluh SKS. Untuk lokasi pendidikannya tersebar di kampus PKN STAN pusat di Bintaro serta di delapan tempat lain meliputi Yogyakarta, Cimahi, Medan, Manado, Balikpapan, Makassar, Palembang dan Malang. Lulusan dari Prodip I bidang keuangan nantinya akan diangkat menjadi CPNS golongan II.a dan akan diangkat menjadi PNS dengan pangkat Pengatur Muda.

Politeknik Keuangan Negara STAN Jawa Timur Program Diploma III

Khusus untuk Program Diploma atau Prodip III memiliki spesialisasi yang sama seperti Prodip I dengan beberapa spesialisasi lainnya yaitu Pengurusan Piutang Lelang Negara, Akuntansi dan Penilai. Lama waktu berkuliah di Prodip III adalah enam semester dan harus bisa selesai dalam waktu tiga tahun. Beban studi dalam bentuk SKS yang harus diselesaikan mahasiswa PKN STAN Prodip III adalah antara seratus sepuluh sampai dengan seratus dua puluh SKS. Pendidikan Prodip III hanya diadakan di kampus pusat PKN STAN Bintaro. Lulusannya nanti akan diangkat sebagai CPNS untuk dolongan II.c serta diangkat sebagai PNS dengan pangkat berupa Pengatur. Demikian informasi mengenai Politeknik Keuangan Negara STAN Jawa Timur.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *