PKN Stan

Kilas Balik Mengenai Pkn Stan

Kilas balik mengenai pkn Stan, atau dengan nama panjang dari Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. STAN merupakan pendidikan tertinggi pada tingkat kedinasan yang berada di bawah BPUPK atau Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan. KEMENKEU (Kementeritan Keuangan Republik Indonesia), yang memiliki tugas dalam menyelenggarakan segala macam pendidikan Program Studi Diploma dalam bidang keuangan.

PKN ini didirikan berdasarkan Keputusan yang dikeluarkan Presiden RI No.45 1974.Sekolah Stan sendiri telah tesmi didirikan pada tahun 1952. Namun pada tanggal 15 Juli 2015 terjadi perubahan pada nama sekolah ini dengan tanpahan istilah Politik Keuangan Negara atau PKN didepannya. Pada perkembangan sejarahnya sendiri, pendirian dari sekolah ini awalnya merupakan penggabungan mendasar dari beberapa penyelnenggara pendidikan tingkat tinggi. Perhatikan juga tentang bimbel STAN.

Selanjutnya PKN Stan dikelola oleh institusi dari pemerintah yang bekerja di dibidang pengelolaan keuangan pada negara. Seperti Jawatan Pabean dan Pajak. Atau yang saat ini lebih familiarnya dikenal dengan istilah Direktorat Bea Cukai dan Direktorat Jenderal Pajak. Berdirinya sebuah akademisi dan kursun ini adalah sebagai respon positir bagi Indonesia dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia.

PKN Stan
PKN Stan

Jurusan Yang Disediakan Oleh PKN Stan

Ada banyak sekali jurusan-jurusan terbaik yang bisa diambil oleh para Siswa SMA ataupun SMK yang baru lulus. Dan ingin cepat kerja di bidang keuangan. Dimana, beberapa jurusan yang disediakan tersebut tentu saja memiliki kualitas terbaik dan super handal untuk diminati. Diantaranya adalah Program Studi Diploma 1/III Perpajakan, Diploma III/IV dibidang Akuntansi, dan Program Studi Diploma III dibidang Manajemen Aset.

Lalu, ada juga Program Studi PKN Stan Diploma III dibidang Penilaian dan Pajak Bumi Bangunan, Diploma 1/III dibidang kebendaharaan Negara. Program Studi Diploma 1/III dibidang Kepabeanan dan Cukai. Diploma III bidang Kebendaharana Negara dengan mengakses Kurikulum Khusus. Program Studi Diploma IV Akuntansi bagi tugas belajar,  serta, Program Studi Diploma III perpajakan dengan Kurikulum Khusus.

Kemudian, ada pula Program Studi Diploma III jurusan Kepabeanan dan Cukai Kurikulum Khusus. Selain itu, beberapa pemimpin dari setiap jurusan tersebut juga saling ikut berkonstribusi dalam memberikan pengajaran yang efektif akgardapat menciptakan peluang kerja yang memumpuni untuk para mahasiswanya. Yaitu, Jurusan Akuntansi dengan pimpinannnya bernama Akhmad Solikin,S.E, M.A, Ph.D, C.A.

Jurusan pajak

Jurusan PKN Stan Pajak yaitu oleh Agus Bandiyono, lalu Jurusan Manajemen Keuangan oleh Tanda Setiya, dan Jurusan Kepabeanan serta Cukai yaitu dipimpin Ivan Yulianto. Setiap jurusan yang dibuka di PKN Stan, dialokasikan berdasarkan kebutuhan dari peluang kerja yang disediakan tersebut, sehingga tidak akan merugikan sama sekali. Dalam skala setiap tahunnya, D1 pada jurusan Kebendaharaan Negara membutuhkan 138 orang, Pajak yaitu 335 orang, dan Keabeaan Cukai yaitu 57 orang.

Selain itu, pada bidang sekolah DIII sendiri, akumulasi jumlah siswa yang dibutuhkan diantaranya adalah pada bidang kebendaharaan negara berjumlah 251 orang, Pajak 551 orang, PBB atau penilaian berjumlah 311 orang, Kepabeanan dan cukai yaitu berjumlah 335 orang, manajemen asset yaitu berjumlah 90 orang, dan akuntansi bejumlah 1.214 orang. Sehingga, jika dikalkulasikan semua mahasiwa PKN Stan yang dibutuhkan tiap tahunnya adalah 3000 orang.

Demikianlah informasi menarik dan akurat mengenai kilas balik tentang PKN Stan, semoga info ini dapat memberikan pembelajaran penting serta pemahaman bagi para siswa SMA untuk terus belajar dengan giat dan semangat agar bisa lulus menjadi mahasiswa STAN, dan bekerja dibidang keuangan negara. Selalu optimis dan percaya diri, agar hasil yang diperoleh berjalan seimbang. Selamat mencoba!





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *