PKN STAN S1: Program Diploma IV STAN Setara S1

Screenshot_21

PKN STAN S1: Program Diploma IV STAN Setara S1

PKN STAN s1 sebenarnya tidak ada dalam daftar program studi yanga ada di STAN. Akan tetapi terdapat satu program studi diploma di STAN yang setara dengan S1 yaitu program studi D IV yang hanya ada pada jurusan akuntansi. Kuota untuk kelas D IV juga terbatas sehingga banyak mahasiswa STAN yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merasa kesulitan. Untuk itu ada dua solusi yang bisa dipilih yaitu dengan melanjutkan ke jenjang D IV STAN dengan syarat lulus D III STAN atau melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi di luar STAN.

Adakah program pendidikan PKN STAN s1?

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, STAN tidak memiliki jenjang pendidikan S1 akan tetapi terdapat jenjang pendidikan yang setara dengan S1 yaitu Diploma IV. D IV ini juga hanya terdapat pada jurusan dan prodi akuntansi dan memiliki kuota kelas yang terbatas di setiap tahunnya. Disini para mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi akan memiliki sedikit hambatan. Untuk bisa masuk ke Program Diploma IV, mahasiswa yang mendaftar harus telah lulus terlebih dahulu dari STAN program Diploma III.

Bagaimana melanjutkan S1 jika tidak ada PKN STAN S1?

Ada dua pilihan untuk melanjutkan S1 yaitu memilih program D IV yang setara dengan S1 di STAN atau melanjutkan pendidikan di luar STAN. Untuk melanjtkan S1 dari program D III di STAn bisa dilakukan di beberapa Universitas Umum yang biasa disebut dengan S1 transfer. Ada beberapa universitas yang menerima dan membuka kelas S1 tranfer tersebut namun ada juga beberapa universitas yang tidak menerima lulusan STAN karena alasan STAN yang tidak memiliki akreditasi. Saat ini terdapat beasiswa STAR (State Acoountability Revitalization) hasil kerjasama pemerintah Indonesia dengan ADB (Asian Development Bank) dan dikelola oleh BPKP. STAR kemudian bekerjasama dengan Universitas Negeri di Inonesia guna menyediakan pendidikan ke jenjang S1 dan S2 untuk PNS sebagai solusi jenjang PKN STAN S1.





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *