PKN STAN, PERGURUAN TINGGI KEDINASAN BERKUALITAS

PKN STAN, PERGURUAN TINGGI KEDINASAN BERKUALITAS – PKN STAN merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang ada di Indonesia dan sudah terkenal andal dalam mencetak lulusan terbaik di bidang keuangan.

Kampus yang berada di bawah wewenang Kementerian Keuangan ini selalu memiliki banyak peminat karena hampir setiap tahun ada ratusan ribu peserta yang mendaftar agar bisa masuk ke PKN STAN.

Alasan kenapa PKN STAN mampu menyedot perhatian ratusan ribu peserta karena perguruan tinggi kedinasan ini tidak membebani para mahasiswa dengan biaya perkuliahan serta menjanjikan pekerjaan setelah orang tersebut lulus.

Sejarah PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN didirikan sejak tahun 1964 dan merupakan salah satu perguruan tinggi yang berbasis kedinasan. Perguruan tinggi tersebut berada di bawah naungan Kementerian Keuangan yang didirikan berdasarkan beberapa landasan hukum:

  1. landasan hukum Keputusan Presiden RI dengan Nomor 45 tahun 1974
  2. juncto Keputusan Presiden RI di nomor 12 tahun 1967.
  3. Landasan hukum perguruan tinggi tersebut semakin lengkap dengan adanya Peraturan Menteri Keuangan RI yang bernomor seri 1/PMK/1977 yang diresmikan sejak tanggal 18 februari 1977.

Keterangan mengenai ikatan dinas disebutkan dalam Keputusan Menteri Keuangan RI yang bernomor seri 289/KMK.014/2004 yang disahkan sejak 14 juni 2004.

Keputusan tersebut menegaskan adanya ketentuan ikatan dinas bagi setiap mahasiswa yang kuliah di jurusan atau program Diploma Bidang Keuangan untuk bekerja di lingkungan Departemen Keuangan RI.

Perguruan tinggi tersebut sebenarnya dinamai STAN yang merupakan kependekan dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara tetapi kemudian nama tersebut diganti pada tahun 2015 menjadi PKN STAN yang memiliki kepanjangan Politeknik Keuangan Negara STAN.

Memilih Kampus Berkualitas

Memilih kampus yang berkualitas bagus memang sangat diperlukan, sebab nama sekolah atau perguruan tinggi tempat seseorang belajar akan menjadi referensi yang bagus agar seseorang bisa diterima di dunia kerja.

Kamu bahkan bisa langsung bekerja setelah selesai menempuh pendidikan tergantung dari perguruan tinggi yang kamu pilih. Bila kamu memilih perguruan tinggi dengan sistem kedinasan seperti PKN STAN maka kamu bisa langsung bekerja di institusi, departemen, atau lembaga yang berhubungan dengan Kementerian Keuangan.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *