Perubahan Struktur Organisasi Politeknik Keuangan Negara STAN

Screenshot_4

Perubahan Struktur Organisasi Politeknik Keuangan Negara STAN

Struktur organisasi Politeknik Keuangan Negara STAN mengalami sedikit perubahan dengan adanya pergantian nama pendidikan tinggi Kedinasan ini. Nama yang sudah melekat di benak masyarakat ini berubah karena untuk menyesuaikan organisasi dan tata kerja STAN dengan pola standar yang berlaku dalam penyelenggaraan perguruan tinggi. Dimana hal tersebut tercantum dalam UU No. 12 Tahun 2012 yang berisi tentang pendidikan tinggi, yaitu bahwa perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi (terapan) adalah berbentuk politeknik atau akademi. Jadi bukan berbentuk sekolah tinggi.

Struktur Organisasi Politeknik Keuangan Negara STAN Saat Ini

Dalam nama baru tersebut yaitu Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, tetap dicantumkan nama STAN. Namun nama tersebut hanya berupa nama saja bukan merupakan singkatan dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Tentu pencantuman STAN tersebut dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam mengenali PKN STAN. Pencantuman nama tersebut tepat dilakukan karena nyatanya hingga saat ini PKN STAN tetap seringkali disebut STAN, masyarakat belum terbiasa menyebutnya PKN STAN. Perubahan nama tersebut membawa sedikit perubahan pada organisasi dan tata kerja. Untuk struktur organisasi PKN STAN saat ini yaitu untuk pembina PKN STAN dalam tataran teknis akademik dipegang oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti). Lalu untuk pembinaan dalam tataran teknis operasional dan administratif dipegang oleh menteri keuangan.

Struktur Organisasi Politeknik Keuangan Negara STAN di Bawah Kementerian Keuangan

Berbagai hal mengenai hal akademik memang dipegang oleh menristekdikti, namun dalam hal operasional tetap dipegang oleh kementerian keuangan sehingga jika ada yang bertanya apakah tetap ada peluang yang besar untuk bekerja di berbagai badan keuangan negara, maka jawabannya ya tetap. Selanjutnya struktur di bawah kementerian keuangan yaitu sekretariat jenderal dan inspektorat jenderal. Selanjutnya dibawah posisi tersebut ada Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan. Badan inilah yang membawahi secara langsung PKN STAN. Kemudian struktur organisasi Politeknik Keuangan Negara STAN sendiri yaitu diurutkan dari posisi teratas yaitu direktur, kepala sekretariat, kepala Bidang Akademis Pendidikan Akuntan, kepala Bidang Akademis Pendidikan Ajun Akuntan, kepala Bidang Akademis Pendidikan Pembantu Akuntan. Masing-masing kepala bidang ini membawahi kepala subbagian.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *