3 Persyaratan Umum IPDN Yang Wajib Kamu Tahu

September 29, 2022

Hai hai sobat Newtonsix bagaimana kabar kamu? Semoga kamu sebagai calon mahasiswa IPDN selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya guys. Pembahasan kali ini akan berbagi sedikit informasi mengenai apa saja sih persyaratan umum IPDN.

Nah sebelum membahas mengenai apa saja persyaratan pendaftaran untuk masuk IPDN. terlebih dahulu kita ketahui mengenai kampus IPDN itu sendiri. IPDN atau Institut Pemerintahan Dalam Negeri merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi dengan status kepemilikan pemerintah.

IPDN sendiri bergerak pada bidang ke pamong kerajaan yang tujuannya adalah untuk menghasilkan kader pemerintahan yang mempunyai kompetensi berkarakter dan mempunyai kepribadian. Mungkin kamu akan bertanya-tanya apa sih keunggulan dari kampus ini. sehingga banyak orang yang berlomba-lomba untuk bisa lolos masuk di IPDN.

For your information keunggulan jika kamu belajar di kampus IPDN salah satunya tidak ada pungutan biaya sepeserpun tersedianya asrama. Bukan hanya itu saja ketika kamu masih kuliah sudah pasti lulus CPNS dan selama melewati masa pendidikan akan memperoleh uang saku.

Dan terakhir saat nanti kamu lulus kuliah tak perlu bingung lagi mencari kerja karena pasti langsung memperoleh tempat di instansi pemerintah. Untuk pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri ini pasti setiap tahun dibuka. Jadi tak heran jika sobat newtonsix pasti sudah menanti-nanti mengenai informasi pendaftaran IPDN.

Nah sebelum mengikuti pendaftaran alangkah baiknya kamu mengetahui apa saja persyaratan umum untuk mendaftar menjadi calon praja IPDN. Berikut ini beberapa persyaratan umum pendaftaran IPDN 2022

Beberapa Persyaratan Umum IPDN 2022

Persyaratan Umum IPDN Harus Warga Negara Indonesia

Persyaratan yang pertama untuk masuk ke institut pemerintahan dalam negeri yaitu wajib berkewarganegaraan Indonesia. Siap pemerintah menerapkan persyaratan ini sudah sejak lama karena ada alasan nya. Bagikan ini adalah sekolah tinggi yang fokusnya pada ke pamong prajaan jadi pemerintah memutuskan untuk mengambil putra-putri daerah. Baca juga cara dan syarat masuk STAN D1 yang perlu di ketahui sekarang.

Apakah bisa orang yang berkewarganegaraan asing masuk sekolah IPDN? Tidak bisa karena persyaratan ini sudah mutlak untuk warga negara Indonesia saja tidak untuk warga negara asing. Jadi jika ada temanmu yang berkewarganegaraan asing dan ingin masuk di IPDN tentu akan langsung otomatis tertolak.

Sudah Berusia Setidaknya 16 Tahun Dan Maksimal 21 Tahun Ketika Pembukaan Pendidikan

Setelah persyaratan harus warga negara Indonesia berikutnya persyaratan umum dari segi usia. Yup usia calon mahasiswa IPDN minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun saat melakukan pendaftaran. Jadi ketika kamu ingin masuk IPDN saat nanti sudah lulus sekolah menengah atas segeralah melakukan pendaftaran.

Pastikan juga jika proses pendaftaran telah dibuka oleh pihak IPDN ya. Jika kamu ingin menunda melakukan pendaftaran tidak apa asalkan jangan sampai melebihi usia 21 tahun. Jika sudah melebihi usia 21 tahun pasti kamu akan diskualifikasi oleh pihak IPDN.

Untuk Pria Minimal Mempunyai Tinggi Badan 160 Cm Dan Untuk Wanita Minimal Mempunyai Tinggi Badan 155 Cm

Persyaratan yang terakhir ketika akan masuk ke IPDN dari segi tinggi badan calon mahasiswa. Untuk pria minimal tinggi badannya 160 cm dan wanita minimal 155 cm. Jadi jika waktu pendaftaran masih jauh-jauh hari kamu bisa melakukan kegiatan olahraga yang dapat menambah tinggi badan.

Itulah tiga persyaratan umum IPDN terbaru yang perlu kamu ketahui. Untuk kamu yang ingin masuk IPDN semoga lulus seleksi dan sukses ya.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.