Persyaratan Mengikuti Tes USM STAN 2012

Persyaratan Mengikuti Tes USM STAN 2012

STAN setiap tahunnya membuka kesempatan bagi siswa siswi yang berminat untuk mengikuti tes USM STAN 2012. USM STAN sendiri merupakan kepanjangan dari Ujian Saringan Masuk STAN, atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. STAN sendiri meurpakan perguruan tinggi negeri yang terletak di bawah naungan kepemerintahan. Namun demikian, STAN tidak membuka jalur masuk melalui seleksi SNMPTN dan SBMPTN seperti perguruan tinggi negeri pada umumnya. Karena memang, untuk bisa masuk ke STAN ini terbilang jauh lebih sulit dibandingkan dengan perguruan tinggi negeri lainnya. Sehingga kriteria penerimaan mahasiswanya jauh lebih tinggi. Tes USM STAN ini sendiri terbagi dalam beberapa jenis tes yang diujikan.

Namun perlu diketahui sebelumnya, bahwa STAN membuka pendaftaran untuk beberapa program pendidikan yang disediakan. Diantaranya adalah, diploma 1 dengan spesialisasi Pajak, pesialisasi kebendaharaan Negara, dan spesialisasi kepabeanan dan cukai. Kemudian untuk diploma III terdiri dari spesialisasi pajak, spesialisasi akuntansi, spesialisasi penilai, spesialisasi pengurusan piutang dan lelang Negara, spesialisasi kepabeanan dan cukai, serta spesialisasi kebendaharaan Negara. Dari sekian banyak program studi yang ditawarkan, tes USM STAN 2012 memiliki syarat dan kriteria tertentu bagi calon mahasiswanya. Syaratnya secara umum antara lain, calon pendaftar harus merupakan lulusan SMA, SMK maupun jenjang pendidikan lainnya yang sederajat. Dalam hal ini STAN tidak membatasi dalam segi kepenjurusan dan juga spesialisasi tertentu. Artinya, baik kepenjurusan IPS, IPS, ataupun jurusan lainnya, bisa diterima di STAN.

Namun tidak cukup sampai disitu saja, peserta yang akan mendaftar menjadi tes USM STAN 2012 harus memiliki nilai rata-rata minimal 7,25. Nilai tersebut diperoleh dari nilai Ujian Nasional. Yang perlu diperhatikan adalah angka 7,25 tersebut diperoleh bukan berasal dari pembulatan nilai. Sehingga apabila peserta memiliki nilai rata-rata kurang dari 7,25 maka dinyatakan gugur. Selain dari kriteria nilai dan kelulusan, STAN juga menetapkan kriteria dari fisik. Dengan syarat tinggi badan yang harus terlampaui, dan juga bebas buta warna serta kecacatan fisik. Peserta juga harus dinyatakan terbebas dari napza, baik psikotropika, narkoba, maupun zat aditif jenis apapun.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *