Jangan Salah Daftar, Ini Dia 7 Perbedaan STAN dan STIS Ketahui Hal Tersebut Bersama Bimbel Kedinasan Terbaik

June 3, 2022

Memilih sekolah adalah hal yang penting untuk dilakukan. Apalagi untuk Anda yang sudah lulus dalam waktu yang lama. Pastinya, pemilihan sekolah menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Anda dapat ketahui perbedaan STAN dan STIS jauh lebih dulu.

Salah satu pilihan yang orang manfaatkan adalah sekolah kedinasan. Ada pilihan untuk STIS dan juga STAN yang dapat anda manfaatkan. Namun, sebelum melakukan pendaftaran atau mengikuti tes sehingga lolos, Anda dapat mengenali berbagai macam perbedaan dahulu.

Perbedaan STAN dan STIS

Perbedaan STAN dan STIS Untuk Anda

Pastinya, mencari informasi lengkap jauh lebih dulu adalah hal yang penting untuk dilakukan titik Anda dapat memperoleh informasi dengan jelas jika sudah tahu perbedaan. Bahkan, dapat menetapkan sekolah yang diinginkan dengan mengetahui perbedaan jauh lebih dulu.

Perbedaan STAN dan STIS: lembaga penyelenggara

Perbedaan pertama yang harus anda ketahui adalah lembaga penyelenggara. PKN stan sendiri diselenggarakan atau dinaungi oleh lembaga pendidikan dan pelatihan keuangan dari Kemenkeu.  Sementara itu, STIS bukan dinaungi oleh lembaga yang satu ini. Simak juga tentang tahapann ipdn terbaik yang perlu diketahui.

STIS sendiri adalah pendidikan yang dinaungi oleh Badan Pusat Statistik. Perbedaan STAN dan STIS ini terlihat sangat jelas dari sekolah kedinasan. 

Perbedaan STAN dan STIS dari Lulusan

Perbedaan lainnya juga dapat terlihat dari lulusan yang boleh mendaftar ke dalam sekolah. Untuk STAN sendiri, sekolah kedinasan ini boleh didaftarkan oleh berbagai macam lulusan. PKN stan sendiri menerima jurusan baik dari SMA atau MA maupun SMK.

Namun, untuk orang yang memilih STIS sebagai pilihan, lulusan harus berasal dari SMA baik peminatan IPA atau juga IPS.  Untuk SMK yang dapat bergabung hanya orang yang berasal dari lulusan jurusan teknik komputer dan Informatika.

Tahapan seleksi

Hal lainnya yang membuat perbedaan adalah tahapan seleksi untuk sekolah.  Dalam tahapan seleksi STAN sendiri, ada administrasi kemudian ujian tertulis dengan sistem CAT dan juga psikotest. Pastinya, sudah lengkap dengan TKK dalam tes.

Tahapan seleksi untuk STIS meliputi administrasi kemudian ujian tertulis yang sama-sama menggunakan sistem CAT.  Namun, tidak membutuhkan TKK dan juga psikotest. Seleksi berkaitan dengan kesehatan dan juga kebugaran.

Syarat umur

Perbedaan lainnya dapat anda temukan dalam syarat umur melakukan pendaftaran. Untuk program spam minimal 17 tahun bagi program studi D1 dan maksimal 20 tahun. Kemudian dalam STIS, minimal usia setiap pelamar 16 tahun dan maksimalnya adalah 20 tahun.

Syarat tinggi badan

Selain umur dan juga berbagai macam hal lainnya. Ada syarat lainnya menjadi perbedaan dalam pendaftaran. Untuk PKN STAN dan juga STIS, tidak ada syarat tinggi aapapun. Namun, hanya beberapa jenis jurusan tertentu dalam PKN STAN yang butuh syarat tinggi.

Program studi

STIS menyediakan 2 pilihan program studi untuk semu orang yang ingin bergabung. Namun, PKN STAN menyediakan 3 program studi hingga D-IV. Sementara itu, program yang ada di STIS hanya D3 dan D4.

Lokasi kampus

STAN sendiri berada di pinggir Jakarta atau lebih tepatnya Tangerang Selatan. Secara otomatis di hidup akan menjadi jauh lebih murah. Namun, lokasi STIS sendiri ada di Jakarta. Jadi ada lebih banyak fasilitas hiburan untuk anda.

Ini beberapa perbedaan STAN dan STIS yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui informasi seperti ini, Anda dapat melakukan pemilihan sekolah dengan baik. Jangan lupa untuk tetapkan bimbel yang tepat dan dapat membantu proses tes.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.