Ini Dia 7 Perbedaan Poltekim Dan Poltekip Yang WAJIB Kamu Ketahui!

June 30, 2022

Saat telah memutuskan untuk masuk ke dalam sekolah kedinasan yang pemerintah sponsori maka ada banyak jurusan yang dapat Anda pilih. Poltekim dan poltekip jadi salah satu pilihan untuk Anda. Mengenali perbedaan poltekim dan poltekip ini jadi hal penting.

Kami dapat memastikan saat ini banyak yang tidak mengetahui mengenai perbedaan kedua jurusan ini. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan beberapa perbedaan ini untuk Anda berdasarkan hal tersebut, ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk melakukan hal ini.

Hal yang akan dilakukan untuk mengetahui perbedaan poltekim dan poltekip kali ini adalah tetap menyimak dengan baik. Simak dengan baik hingga akhir kalimat dan kami pastikan Anda akan menemukan perbedaan ini secara jelas.

perbedaan poltekim dan poltekip

Inilah beberapa perbedaan poltekim dan poltekip yang harus Anda ketahui

Pengertian perbedaan poltekim dan poltekip

Perbedaan paling awal yang akan Anda temukan terdapat pada bagian pengertian. Pengertian poltekip adalah jurusan yang mempelajari tentang yang Hubungan Masyarakat. Hal ini berbeda dengan poltekim yang mempelajari tentang imigrasi.

Fokus kuliah

Kali ini, perbedaan yang akan Anda temukan adalah fokus untuk kuliah. Selama masa pendidikan, Anda yang masuk dalam poltekip akan mengetahui cara berhubungan yang tepat dengan masyarakat. Anda juga akan memaksimalkan sistem kemasyarakatan dalam negara ini.

Akan tetapi, ada yang belajar ilmu poltekim akan belajar tentang imigrasi. Hal ini akan Anda lakukan agar dapat menjadi seseorang yang profesional dalam bidang ini saat sudah lulus 4 tahun kemudian.

Instansi pendidikan

Perbedaan poltekim dan poltekip yang kali ini akan Anda temukan adalah instansi pendidikan. Anda akan menemukan instansi pendidikan yang juga berbeda. Instansi yang berbeda tetapi keduanya masih berada dalam naungan Kemenkumham.

Program studi

Perbedaan lain yang akan Anda temukan kalian adalah program studi. Perbedaan program studi menjadi hal yang paling jelas untuk membedakan kedua jurusan ini. Hampir semua program studi yang ada jalankan berbeda satu sama lainnya.

Perbedaan jenis diploma

Ada tiga diploma yang dapat Anda raih saat menjalankan Politeknik ilmu Pemasyarakatan atau poltekip. Akan tetapi, kami pastikan Anda dapat meraih empat jenis diploma pada Politeknik imigrasi atau poltekim. Simak juga tentang sebelum mendaftar stin yang tepat.

Ada manajemen Pemasyarakatan hingga bimbingan kemasyarakatan yang dapat Anda peroleh dalam poltekip. Sedangkan, dalam poltekim dapat menjadi di diploma pada bidang hukum keimigrasian hingga administrasi keimigrasian.

Prospek kerja untuk setiap alumni

Mendapatkan fokus pendidikan yang berbeda tentunya menghasilkan prospek kerja yang juga berbeda. Anda yang berada dalam jurusan poltekim juga poltekip akan berada dalam aparatur sipil pemerintahan. Akan tetapi, akan ada divisi yang berbeda untuk Anda.

Syarat mendaftar

Perbedaan yang akan Anda dapatkan kali ini adalah cara untuk mendaftar. Ada beberapa syarat umum yang mungkin akan sama saat menyeleksi Anda sebagai calon peserta didik. Akan tetapi,  kami pastikan akan ada sejumlah perbedaan yang akan Anda temukan.

Salah satunya adalah kelengkapan dokumen dan penilaian melalui nilai mata pelajaran yang berbeda. Adanya hal ini saja menjadi bukti perbedaan yang paling nyata.

Itulah beberapa perbedaan poltekim dan poltekip yang dapat Anda temukan. Setelah mengetahui 7 Perbedaan ini maka kami pastikan Anda dapat membedakan dengan jelas kedua jurusan ini. Jadi, sekarang adalah waktu paling sempurna untuk temukan yang sesuai minat Anda.

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.