16 Persyaratan Umum yang Harus Kamu Ketahui dan Penuhi sebelum Daftar STIN

September 21, 2022

Menyiapkan ijazah untuk daftar STIN hingga menjaga kesehatan untuk memenuhi persyaratan yang harus dipenuhi dari pihak STIN merupakan salah satu kegiatan para calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke sekolah kedinasan.

Setidaknya, ada 16 syarat yang harus kamu penuhi untuk bisa lolos seleksi dan menjadi taruna/taruni STIN. Apa saja persyaratan pendaftaran tersebut? Berikut rinciannya.

Begini Persyaratan Umum yang Harus Dipenuhi untuk Daftar STIN

Buat kamu yang ingin menjadi calon taruna/taruni di STIN harus siap bersaing dengan ribuan calon mahasiswa/mahasiswi lainnya. Untuk itu, penting bagi kamu untuk mempersiapkan semua keperluan dengan lengkap sebelum memulai mendaftar.

Ini dimaksudkan agar proses pendaftaran yang dilakukan secara online tidak terhambat. Beberapa syarat umum pendaftaran STIN yang harus kamu penuhi adalah sebagai berikut: 

Harus Memenuhi Persyaratan Ini

Terdapat 16 persyaratan dari pihak STIN yang harus kamu penuhi untuk bisa lolos seleksi, diantaranya adalah:

1. Status sebagai WNI (Warga Negara Indonesia) menjadi syarat pertama yang harus kamu penuhi untuk daftar STIN, baik pria maupun wanita.

2. Usia kamu tidak boleh lebih dari 20 tahun atau serendah-rendahnya 16 tahun dan terhitung sejak tanggal 31 Desember tahun lalu. Bukti yang harus dilampirkan adalah berupa akta kelahiran atau Surat Keterangan Lahir.

3. Status belum pernah menikah dan kamu bersedia untuk tidak menikah selama masa pendidikan masih berlangsung hingga nanti telah resmi diangkat menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil).

4. Berkelakuan baik dan tidak pernah terlibat tindak pidana yang bisa dibuktikan dengan melampirkan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) sebagai bukti.

5. Beriman dan bertaqwa kepada TUhan Yang Maha Esa serta setia kepada NKRI.

6. Pendidikan minimal SMA/ MA/ SMK, atau yang sederajat dan bukan lulusan dari paket A, B, maupun paket C.

7. Tidak pernah mengalami patah tulan dan dinyatakan sehat jasmani dan rohani. Baca juga tentang cara daftar STIN lainnya.

8. TInggi badan minimal dengan berat badan yang seimbang berdasarkan ketentuan yang berlaku. Untuk putra minimal 165 cm sedangkan putri minimal 160 cm.

9. Untuk daftar STIN, bagi wanita calon taruni syarat yang harus dipenuhi adalah belum pernah melahirkan. Sedangkan syarat bagi pria calon taruna adalah belum pernah memiliki anak biologis.

10. Setiap calon taruna/taruni harus siap dan bersedia untuk ditempatkan dimana saja.

11. Calon taruna/taruni memiliki tubuh yang bersih, tidak pernah bertato atau memiliki bekas tato.

12. Calon taruni tidak bertindik atau memiliki bekas tindik di bagian tubuh yang tidak lazim.

13. Calon taruni tidak boleh bertindik atau memiliki bekas tindik di bagian tubuh manapun.

14. Tidak sedang menjalani suatu pekerjaan atau menjalani ikatan dinas baik dengan perusahaan maupun dengan instansi manapun.

15. Bersedia memberikan kompensasi atau ganti rugi kepada negara apabila selama masa pendidikan berlangsung di STIN, kamu memutuskan untuk mundur atas kemauan diri sendiri.

16. Bagi putra putri yang berasal dari Papua, Papua Barat, NTT, Maluku, serta Maluku Utara berlaku afirmasi dengan jumlah kuota hanya 7 orang.

Apabila tidak terpenuhi, maka kuota bisa diisi oleh calon taruna/taruni dari jalur Non-Afirmasi dengan syarat dan ketentuan khusus, antara lain:

~ Melampirkan fotocopy KTP dan KK.

~ Menunjukkan Surat Keterangan yang dari kelurahan atau Kepala Desa, isinya mengenai pernyataan bahwa garis keturunan orang tua (ayah dan ibu kandung) calon taruna/taruni tersebut benar-benar asli dari daerah tersebut.

Itulah keenam belas persyaratan umum yang harus kamu penuhi jika berencana untuk menjadi taruna/taruni di STIN. Jangan lupa siapkan semua persyaratan sebelum membuka link pendaftaran. Bagaimana, sudah siap untuk daftar STIN?

Daftar Bimbel STAN

Testimoni Siswa Newtonsix

Deya Shazniya
SMAN 1 Kramatwatu
D1 Pajak

Belajar persiapan masuk STAN di Newtonsix itu menyenangkan dan asik banget. Pengajarnya itu mahasiswa stan. Dan pas belajar mereka asik banget ngajarnya. To the point trus jelas ga bikin pusing. Trus pas lagi belajar juga kita dikasih tips masuk stan. Cara cepat ngerjain usm stan. Pokoknya recommended banget bimbel newtonsix. Terima kasih newtonsix atas bimbingannya untuk masuk stan😊
Izma awwalia
SMA 7 Semarang
D3 Perpajakan

Pembelajarannya menyenangkanbdan terstruktur, sehingga mudah dalam memahami materi. Tentornya juga sabar dan asik
Testimoni Fadhel Aqila dari SMAN 47 Jakarta lulus D3 Akuntansi
M. Fadhel Aqila Ramadhan
Sman 47 jakarta
D3 Akuntansi

Belajar di newtonsix itu seru saya dibantu mengatasi kelemahan dibahasa inggris, terima kasih newtonsix
Testimoni i komang dari Denpasar Bali yang lulus D1 Pajak
I Komang Naditya Purnama
SMAN 5 Denpasar
D1 Perpajak

Belajar di bimbel newtonsix sangat seru. Tutornya pun ramah dan profesional seru lah diajak bercanda. Suasana belajar nyaman banget. Soal-soal try out yg dikasi sangat menantang. Pokoknya bimbel newtonsix recommended banget buat persiapan mencari STAN.