PENEMPATAN KERJA LULUSAN PKN STAN

PENEMPATAN KERJA LULUSAN PKN STAN – PKN STAN yang kerap disebut juga sebagai Politeknik Keuangan Negara STAN, merupakan lembaga pendidikan tinggi yang memiliki sistem ikatan dinas, dimana lulusan dari PKN STAN dapat langsung bekerja di instansi pemerintahan di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Kepopuleran PKN STAN meningkat terutama karena biaya kuliah selama satu atau tiga tahun gratis sehingga tidak akan memberatkan mahasiswa dan orangtua. Penempatan lulusan juga sangat menguntungkan karena berada di instansi pemerintahan sehingga otomatis dapat menjadi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil).

Info PKN STAN dan Pengangkatan Menjadi CPNS

 

Lulusan PKN STAN akan segera diangkat menjadi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan Kementerian Keuangan serta instansi pemerintahan lainnya, mulai dari yang instansi yang berada di pusat ataupun di daerah sesuai formasi yang ada.

  1. Pendidikan di PKN STAN menggunakan sistem ikatan dinas seperti dalam Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 289 tertanggal 12 Juni 2004 mengenai Ketentuan Ikatan Dinas. Lulusannya nanti diwajibkan untuk bekerja selama 3 kali masa pendidikan serta masih ditambah waktu satu tahun (3n+1).
  2. Lulusan PKN STAN juga akan diangkat sebagai CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) serta ditempatkan pada beberapa instansi di dalam Kemenkeu serta instansi lain sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Penempatan Lulusan PKN STAN

Pengangkatan menjadi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) akan dilakukan setelah mahasiswa lulus pendidikan selama waktu yang ditentukan. Program Diploma I berlangsung selama satu tahun atau dua semester sementara Program Diploma III membutuhkan waktu belajar selama tiga tahun atau enam semester.

  1. Lulusan Program Diploma I Keuangan akan menjadi CPNS golongan II A. Setelah bekerja serta mengikuti Diklat Pra Jabatan, CPNS golongan II A akan diangkat menjadi PNS berpangkat Pengatur Muda.
  2. Sementara lulusan Program Diploma III Keuangan akan diangkat menjadi CPNS golongan II C. Setelah bekerja serta mengikuti Diklat Pra Jabatan, CPNS golongan II C akan diangkat menjadi PNS berpangkat Pengatur.

Demikian adalah informasi mengenai penempatan kerja lulusan PKN STAN. Semoga bermanfaat!





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *